Berita Flores Lembata Alor

Penumpang Fan Muatan KM Egon Masih Sepi

Meskipun sudah empat kali menyinggahi Pelabuhan Maropokot, namun belum ada muatan ekspedisi yang menggunakan jasa angkut KM Egon

Penumpang Fan Muatan KM Egon Masih Sepi
Net
Dermaga pelabuhan Marpokot di Kabupaten Nagekeo merupakan pintu masuk laut ke kawasan Kapet Mbay 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Adiana Ahmad

POS KUPANG.COM, MBAY -- Meskipun sudah empat kali menyinggahi Pelabuhan Maropokot, namun belum ada muatan ekspedisi yang menggunakan jasa angkut KM Egon. Ternyata penyebabnya, belum ada penetapan tarif dari PT Pelni (Persero) untuk rute KM Egon Surabaya -Maropokot-Labuan Bajo, Maropokot-Makasar.

Seorang staf PT Pelni Ende yang bertugas di Pelabuhan Maropokot, M.Idul Adha ketika ditemui Wartawan di Pelabuhan Maropokot, Rabu (20/4/2016), mengatakan, meskipun keadaan para penumpang dari Kota Mbay-Makasar dan Mbay- Surabaya masih kurang, namun tidak mempengaruhi jadwal pelayaran KM Egon ke Maropokot.

"Memang saat ini penumpang belum terlalu ramai, karena baru di pelayaran perdana satu minggu kemarin. Penumpang dari Mbay yang keluar ke Surabaya atau ke Makasar memang masuh kurang. Namun yang masuk ke Mbay dari dua kota itu cukup banyak," kata Idul Adha.

Tarif penumpang untuk sementara dikenakan Rl 160.000,00 dari Mbay-Makasar dan Rp 313.000,00 dari Mbay ke Surabaya.
Sedangkan untuk muatan ekspedisi, Idul Adha mengatakan, para pengusaha harus bersabar karena masih menunggu penetapan tarif dari PT. PELNI pusat.

"Tarif ekspedisi belum ada, karena masih menunggu keputusan dari Pelni pusat, dan kami belum bisa tentukan harga tarif ekspedisi," kata Idul Adha.

Sementara itu Kepala Seksi Lalulintas dan Angkutan Penyerbangan pada Dinas Perhubungan Telekomunikasi dan Informatika Kabupaten Nagekeo, Lorensius Da Costa yang ditemui terpisah di Pelabuhan Marapokot pada hari yang sama, optimis lalu lintas penumpang dan barang melalui Pelabuhan Maropokot akan meningkat seiring dengan perkembangan ekonomi di daerah itu.

Selain KM Egon , anjut Lorens, ada KM Gracia, yang selama ini saat ini melayani rute Makasar - Maropokot. KM Gracia, kata Lorens, khusus melayani jasa angkutan semen. (*)

Penulis: Adiana Ahmad
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved