Ini Rute KM Egon

Nahkoda KM Egon, Capt. Tamrin,M.Mar yang ditemui di Pelabuhan Maropokot Senin (11/4/2016) siang, mengatakan, kehadiran KM Egon membantu membuka isolas

Ini Rute KM Egon
Net
KM Egon 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Adiana Ahmad

POS KUPANG.COM, MBAY -- Nahkoda KM Egon, Capt. Tamrin,M.Mar yang ditemui di Pelabuhan Maropokot Senin (11/4/2016) siang, mengatakan, kehadiran KM Egon membantu membuka isolasi daerah- daerah di NTT termasuk, membuka akses ekonomi dari dan ke Nagekeo.

Tamrin menjelaskan, KM Egon akan melayani dua rute di NTT yakni rute A yang meliputi Surabaya-Labuan Bajo-Maropokot-Makasar dan Rute B: Surabaya-Lembar-Waingapu-Ende dan sebaliknya.

"Untuk sementara, ini rute tetap. Namun kita berharap, selain jalankan tugas dari negara, tentu ada misi ekonomi. Dan, Pak Bupati katakana di sini ada potensi ekonomi. Namun yang paling penting lalu lintas peralatan untuk pembangunan seperti hari ini kita bongkar alat berat. Itu yang paling penting karena tidak semua pelabuhan bisa bongkar alat berat. Di Pelabuhan Maropokot bisa dilakukan. Itu artinya, pelabuhan cukup layak. Ke depan kalau ada masyarakat kirim atau pengusaha kirim alat beratlewat KM Egon tidak ada masalah," kata Tamrin.

Namun Tamrin menegaskan, kehadiran KM Egon di Maropokot tidak tergantung ada penumpang atau tidak karena kehadiran kapal tersebut di pelabuhan itu karena tugas dari negara atau PSO (public service obligation).

Ia mengatakan, kehadiran KM Egon membantu membuka isolasi daerah. Dengan kapasitas 700-1.000 penumpang, 15-20 kendaraan kecil, 20-22 mobil ekspedisi dan 30 unit kendaraan roda dua, empat unit alat berat sekali muat, membuka akses ekonomi dari dan ke Nagekeo.

"Sekali muat bisa empat alat berat. Jadi bisa membantu pemerintah daerah. Pemerintah daerah tidak perlu pusing mau datangkan alat berat karena sudah ada KM Egon," demikian Thamrin.

Soal harga, Tamrin berani memberikan garansi paling murah. Dari Maropokot ke Makasar pulang pergi hanya Rp 160.000,00/ penumpang. Sedangkan Maropokot-Surabaya hanya sekitar Rp 330.000,00.

Kepala PT Pelni (Persero) Cabang Ende, R. Isdwisanto, S.E dalam sambutannya pada Penyambutan KM Egon di Pelabuhan Maropoko Senin siang, berharap dukungan masyarakat di Nagekeo terhadap kehadiran KM Egon agar kehadiran KM Egon bisa membawa kesejahteraan bagi masyarakat di daearah itu dan sekitarnya.

Ketua DPRD Nagekeo, Marselinus Fabianus Ajo Bupu yang begitu antusias dengan kehadiran KM Egon di Pelabuhan Maropokot, Senin siang, mengatakan, Nagekeo sesungguhnya mempunyai potensi ekonomi yang cukup besar seperti bidang peternakan, perkebunan dan juga kelautan khususnya garam.

Halaman
12
Penulis: Adiana Ahmad
Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved