Kamelus Deno Usul Jadikan NTT Pasar Bersama

Gagasan Bupati Manggarai, Dr.Deno Kamelus, S.H M.H, menjadikan NTT sebagai Pasar Bersama 2017 untuk seluruh warga NTT

Kamelus Deno Usul Jadikan NTT Pasar Bersama
POS KUPANG/EGI MOA
POS KUPANG/EGI MOA Bupati Manggarai, Kamelus Deno 

POS KUPANG.COM, RUTENG--Gagasan Bupati Manggarai, Dr.Deno Kamelus, S.H M.H, menjadikan NTT sebagai Pasar Bersama 2017 untuk seluruh warga NTTditerima seluruh bupati dari 21 kabupaten/kota sebagai rekomendasi untuk ditindaklanjuti pada 2017.

Rekomendasi itu dihasilkan dalam pertemuan para bupati dengan Gubernur NTT, Drs.Frans Leburaya, Senin (21/2/2016) di Hotel Jayakarta, LabuanBajo, Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores.

"Semua orang bicara MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) atau NTT-Darwin (Australia). Apa keuntungan langsung MEA untuk rakyat Manggarai atau rakyat di kabupaten lain. Kenapa tidak menjadikan NTT Pasar Bersama," kata Kamelus, kepada peserta Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Manggarai, Selasa (22/3/2016) di Ruteng.

Menjadikan NTT Pasar Bersama,kata Kamelus, produksi dan sumber daya manusia dari daerah surplus dapat dipasarkan di daerah yang kurang atau minus.

Kamelus mencontohkan surplus beras,sayur dan buah-buahan dari Manggarai bisa dipasarkan ke wilayah yang kekurangan. Tenaga kerja, tukang atau asisten rumah tangga dari Kupang dapat dikirim wilayah yang membutuhkannya. Untuk itu, pimpinan semua daerah di NTT menyepakati supaya konektivitas antarwilayah ditata kembali mulai 2017.

"Kita ini bicara MEA,kenapa tak menjadikanNTT sebagai pasar komoditas
bersama,"kata Kamelus.

Gagasan menjadi NTT Pasar Bersama disampaikan Kamelus berdialog dengan anggota DPD RI asal NTT, Drs.Ibrahim Meda, Sabtu (18/3/2016) di Ruteng.Medah mengatakan gagasan ini mesti diwujudkan bagi kepentingan rakyat NTT.

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Ferry Jahang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved