PosKupang/

Kupang Pesta Monolog Selama Dua Hari

Coloteme Arts Movement adalah komunitas orang-orang muda kreatif di Kota Kupang dan dari beberapa wilayah di Nusa Tenggara Timur,

Kupang Pesta Monolog Selama Dua Hari
ilustrasi

POS KUPANG.COM, KUPANG - Coloteme Arts Movement bekerjasama dengan IRGSC, Lexa Nada dan F-Square akan melaksanakan acara teater monolog "KESAL (Kupang Pesta Monolog) 2016". Kegiatan ini berlangsung selama dua hari pada Jumat hingga Sabtu (11-12 Maret 2016) mulai pukul 19.00 Wita hingga selesai di Aula F-Square Jl. Shoping Center, Fatululi, Kupang.

Demikian siaran pers dari panitia yang diterima Pos Kupang, Kamis (10/3/2016). Coloteme Arts Movement adalah komunitas orang-orang muda kreatif di Kota Kupang dan dari beberapa wilayah di Nusa Tenggara Timur, yang peduli dan terus berusaha menemukan dan membangun iklim berkesenian yang kondusif di tanah air ini. Mereka juga membentuk, mengembangkan dan meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap kesenian.

Monolog atau monoplay adalah pertunjukan teater dengan pemeran atau aktor tunggal. Model pementasan secara sendiri atau seorang diri dengan mempercakapkan keberadaan dirinya dalam hubungan dengan lingkungan sekitarnya.

Masih terkait dengan pesta seni ini juga digelar diskusi publik tentang Teater dan Perubahan Sosial, dengan pembicara pemerhati sosial, Elcid Li dan pelaku seni, Silvester Hurit, Sabtu (12/3/2016) pukul 09.00-12.00 Wita di Aula F-Square Kupang. Teater monolog tidak hanya menampilkan pelaku seni dari Kota Kupang seperti Teater Price, Margareth Nona Djokaho, Lanny Koroh dan Abdy Keraf, tetapi juga pelaku seni dari luar Kota Kupang seperti Galuh Tulus Utama (Surabaya) dan Komunitas Kahe (Maumere).

"Saya ingin Kupang dikenal sebagai kota teater, Kupang ini titik temu manusia berbagai latar budaya, sehingga potensi kreatifnya luar biasanya sebenarnya," kata Ragil Sukriwul, Koordinator Program Kupang Pesta Monolog 2016. Menurutnya dengan kekayaan kebudayaan juga kompleksitas masalah kesehariannya, Kota Kupang seharusnya bisa menjadi mata air inspirasi bagi lahir dan tumbuhnya manusia-manusia kreatif dalam berteater.

Menurut Ragil, Kupang Pesta Monolog 2016 penting diselenggarakan sebab berfungsi sebagai muara dari kreativitas seni anak-anak muda di bidang teater. Sebagai wadah aktualisasi sekaligus tempat menjaring dan memupuk bibit-bibit aktor teater di Kota Kupang khususnya dan NTT umumnya.

Ini pun menjadi media sosialisasi pada masyarakat agar tingkat apresiasi dan kecintaannya pada teater semakin baik. Harga tiket masuk pertunjukan teater monolog ini adalah Rp 15 ribu untuk pelajar dan mahasiswa dan Rp 20 ribu untuk umum.

Bagi warga Kota Kupang yang ingin menonton pertunjukan teater monolog ini bisa memesan tiket pada Ardy (CP 085337323688) atau di Aula F-Square saat pertunjukan berlangsung. (osi/*)

Penulis: PosKupang
Editor: Putra
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help