Perempuan di Panggung Politik NTT

Kami yang tergabung dalam Forum Perempuan Cendekiawan mau mengucapkan terima kasih

Perempuan di Panggung Politik NTT
POS KUPANG/MAKSI MARHO
Maria Geong 

Proficiat untuk Maria Geong

Oleh Dra. Maria Fatima Daniel
Forum Perempuan Cendekiawan

POS KUPANG.COM - Kami yang tergabung dalam Forum Perempuan Cendekiawan mau mengucapkan terima kasih kepada drh. Maria Geong, PhD. Anda telah berjuang menunjukkan eksistensimu sehingga setara dengan laki-laki lainnya pada Pilkada Kabupaten Manggarai Barat.

Sejarah NTT mencatat bahwa engkau adalah perempuan pertama di provinsi ini yang mampu menembus dominasi laki-laki walaupun engkau hanya menduduki posisi wakil. Perempuan NTT bangga dengan prestasi dan keberanianmu mengambil keputusan memasuki panggung politik yang maskulin dan kurang ramah terhadap perempuan.

Keberhasilanmu menjadi motivasi dan inspirasi bagi kaum perempuan NTT lainnya untuk terus berjuang agar dapat meyakinkan kepada seluruh masyarakat bahwa perempuan bukan warga kelas dua di daerah ini.

Pelantikan para bupati dan wakil bupati termasuk Anda pada tanggal 17 Februari 2016 yang lalu adalah awal dari perjuanganmu yang sesungguhnya untuk membuktikan bahwa Perempuan Bisa. Sejak tanggal pelantikanmu gerak langkahmu akan menjadi sorotan publik karena publik tidak terbiasa melihat perempuan di posisi itu. Di situlah letak ketidakadilan yang sering dirasakan oleh perempuan dalam berbagai jabatan karena dituntut harus sempurna, hal yang tidak banyak dituntut kepada kaum lelaki.

Dalam mengemban tugas sebagai wakil bupati, tidak berat tetapi juga tidak ringan karena berbekal pengalaman panjang sebagai seorang birokrat dari unsur teknokrat akan sangat membantu dalam pelaksanaan tugasmu sehari-hari.

Meski demikian, sangat dianjurkan agar Anda mau bekerja dengan semua jejaring perempuan di Kabupaten Manggarai Barat maupun di tingkat provinsi yang dipastikan akan siap membantu kapan saja Anda butuhkan. Manakala Anda gagal memenuhi keinginan rakyat boleh dipastikan menjadi keprihatinan semua perempuan NTT, tetapi apabila Anda berhasil, maka pengakuan keberhasilan itu adalah prestasimu yang turut membanggakan kami semua.

Sebentar lagi kita akan memasuki agenda politik yang berikutnya, Pilkada Serentak gelombang kedua, dan daerah ini akan menyelenggarakannya di tiga kabupaten dan kota, yakni Lembata, Flores Timur dan Kota Kupang. Semua pihak pasti mendambakan pula adanya partisipasi elite perempuan untuk mengambil keputusan siap melamar atau dilamar oleh partai politik menjadi balon, walaupun disadari bahwa tantangan yang pasti dihadapi adalah kokohnya benteng patriarkhi yang terjaga sangat rapi dalam partai politik.

Keterwakilan perempuan di posisi pengambil keputusan dalam partai politik yang rendah persentasenya sangat mempengaruhi keputusan penetapan daftar calon yang dihasilkan dan terbukti dengan rendahnya pelibatan perempuan di daftar calon pada Pilkada gelombang pertama.

Kita patut memberikan apresiasi kepada Forkom P2HP yang telah mendeklarasikan dua perempuan hebat, Ibu Lusia Adinda Lebu Raya, SPd, MM sebagai balon Gubernur NTT dan Dra. Mien Patymangu sebagai balon Walikota Kupang.

Forum Perempuan Cendekiawan NTT juga telah mendeklarasikan empat perempuan hebat Balon Walikota Kupang yang adalah anggota Forum ini, masing-masing, dr. Yovita Anike Mitak, Ince Sayuna, SH, M.Hum, Dina Takalapeta Meller, STh dan Dra. Soraya Balkis Tanof, M.Hum, yang diawali dengan audiensi ke DPC Gerindra Kota Kupang sebagai representasi dari partai politik peserta Pilkada Kota Kupang.

Kebanggaan kita akan terpilihnya Maria Geong dan upaya memperkenalkan perempuan-perempuan potensial sah-sah saja dan patut diapresiasi oleh semua warga serta para pemangku kepentingan di daerah ini secara proporsional karena semuanya itu dapat terjadi sebagai buah suatu keberhasilan program pemberdayaan perempuan di NTT tercinta.

Pemerintah provinsi dan kabupaten/kota serta semua warga termasuk perempuan sungguh memahami hak politiknya memilih dan dipilih. Kepada kader perempuan yang sudah dideklarasikan agar aktif berkomunikasi dengan partai politik peserta Pilkada dan aktif pula melakukan pendekatan dengan masyarakat di tingkat basis serta serius berkonsultasi untuk mendapatkan input strategis sebagai yang telah dibuktikan melalui keberhasilan yang sudah diraih oleh Maria Geong.

Mengakhiri tulisan ini, harapan perempuan NTT kepada Wakil Bupati Manggarai Barat, Maria Geong, tidak lain, "Jadilah pemimpin yang mampu membawa perubahan, mampu berkata beda (untuk hal-hal yang benar); menyatakan korupsi sebagai musuh bersama dan mampu mengajak perempuan aktif berpartisipasi dalam pembangunan mengejar cita-cita keadilan dan kesetaraan jender menuju masyarakat yang adil dan berkecukupan."*

Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved