Rolling Stones akan konser gratis di Kuba

"Saya amat sangat menyesal tidak mengenalimu sebelum ini," kata Castro saat itu

POS KUPANG.COM, KUBA - Rolling Stones akan menggelar konser lapangan terbuka gratis di Havana pada 25 Maret, umum band legendaris ini seperti dikutip Reuters.

Ini adalah tonggak besar bagi Kuba yang pemerintahan komunisnya pernah melarang musik Rolling Stones yang dianggap sebagai penyimpangan ideologi.

Konser Kuba ini termasuk rangkaian tur ke Amerika Latin band ini yang akan berakhir 17 Maret di Mexico City.

Konser ini akan berlangsung tiga hari setelah Presiden Barack Obama mengunjungi Kuba yang merupakan presiden AS pertama yang mengunjungi Kuba sejak 1928.

Obama dan Presiden Kuba Raul Castro pada Desember 2014 telah mengumumkan bahwa kedua negara telah menormalisasi hubungan setelah lebih dari satu abad bermusuhan.

Konser yang akan difilmkan itu berlangsung di stadion olah raga Ciudad Deportiva di Havana, dan ini adalah konser lapangan terbuka pertama di Kuba yang menampilkan sebuah band Inggris.

"Kami telah manggung di banyak tempat spesial sepanjang karir kami namun pertunjukan di Havana ini akan menjadi momen bersejarah bagi kami, dan kami harap, juga untuk semua sahabat di Kuba," kata band yang beranggotakan Mick Jagger, Keith Richards, Charlie Watts dan Ronnie Wood itu.

Setelah revolusi 1959 yang menaikkan kekuasaan Fidel Castro, kakak Raul, negara ini menyensor grup yang dibentuk di London pada 1962 tersebut, selain juga The Beatles dan Elvis Presley.

Fidel Castro akhirnya mencabut sensor musik dan menghadiri peresmian patung mendiang pentolan Beatle John Lennon di sebuah taman di Havana pada ulang tahun ke-20 kematian sang musisi pada 8 Desember 2000.

"Saya amat sangat menyesal tidak mengenalimu sebelum ini," kata Castro saat itu. (ant)

Editor: Marsel Ali
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved