Perempuan Pertama

Kata-kata inilah yang dipilih Benza untuk Wabup Manggarai Barat itu.

Perempuan Pertama
POS KUPANG/MAKSI MARHO
Maria Geong 

Oleh Maria Matildis Banda

POS KUPANG.COM - "Adalah sebuah tantangan bagaimana berpolitik sebagai suatu seni merealisasikan apa yang tak mungkin menjadi mungkin," demikian salah satu ungkapan Hillary Rodham Clinton, di tengah kancah politik negara adikuasa Amerika Serikat yang keras dan tak kenal ampun. Barangkali kata-kata ini cocok diberikan kepada dokter hewan pertama NTT, Maria Geong. Kata-kata inilah yang dipilih Benza untuk Wabup Manggarai Barat itu.

"Realisasikan yang tidak mungkin menjadi mungkin itu apa misalnya?" tanya Nona Mia.
"Tolak tambang!" jawab Benza.

"Tolak tambang! Selamatkan lingkungan! Selamatkan Bumi! Selamatkan Ibu! Selamatkan anak-anak! Selamatkan perempuan! Itu bukan soal tak mungkin menjadi mungkin, tetapi itu adalah harga mati yang harus mati-matian diperjuangkan!" sambung Nona Mia dengan yakin, seyakin wabub perempuan pertama NTT yang baru saja dilantik itu.
***
"Maria Geong benar-benar perempuan pertama?"
"Perempuan pertama yang terjun ke dunia politik dan terpilih.Satu-satunya perempuan di tengah delapan belas bupati - wabup yang dilantik Gubernur NTT, 17 Februari lalu."

"Apa komentarnya Ibu Maria yang terkenal sebagai orang pertama itu?" tanya Jaki.
"Antara lain Maria berkata begini, dengar baik-baik, aku akan membacakanya untukmu," kata Nona Mia. "Sebagai seorang ilmuwan terjun ke habitat lain, yaitu politik tentunya beda. Tetapi karena itu merupakan panggilan, saya merasa terpanggil sebagai seorang perempuan.Saya harus jadi contoh bagi perempuan lain di NTT.Karena memang sebelumnya saya adalah perempuan pertama yang menjadi dokter hewan di NTT dan saya merupakan alumni luar negeri pertama dari kalangan perempuan di NTT."

"Mudah-mudahan menjadi perempuan pertama yang sanggup membawa perubahan besar bidang lingkungan bagi Mabar, bagi NTT, dan bagi Indonesia," sambung Jaki.
"Kata-kata apa yang tepat darimu untuknya?"

"Pembaharuan pendidikan!" kata Jaki. "Berpijak pada kearifan leluhur Manggarai bahu-membahu mendidik anak-anaknya. Seperti Hilary Clinton membawa pelbagai inisiatif dalam kejayaan kepemimpinan dan pembaharuan sistem pendidikan di Arkansas."

***
"Bagaimana caranya?"
"Seperti apa kata Jackie Kennedy bahwa ada banyak cara sederhana untuk memperluas dunia anak-anak Anda. Mencintai buku adalah yang paling baik dari cara-cara itu," kata Jaki.

"Tetapi kita ini budaya lisan, bukan tulis!Budaya bicara-bicara omong-omong, dengar dan dengar, omong lagi, bicara lagi panjang lebar, kita bukan budaya baca!" komentar Rara.

"Justru itu!Maria Geong itu perempuan pertama NTT yang jadi dokter hewan.Itu terjadi karena buku dan baca.Maria Geong itu perempuan pertama NTT yang alumni luar negeri, lagi-lagi karena buku dan baca. Maria Geong itu doktor, dokter hewan! Semua karena buku dan baca bukan? Maria harus bisa mulai bangun trobosan baru tentang budaya baca mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak, tingkat RT-RW, tingkat keluarga, tingkat Komunitas Umat Basis, tingkat ibu-ibu rumah tangga. Buku dan baca adalah jendela dunia."

Halaman
12
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved