Masalah Sosial Bendungan Kolhua Tak Kunjung Selesai, Anggaran Bolak-Balik

Rencana pembangunan Bendungan Kolhua untuk solusi pemenuhan kebutuhan air baku bagi 400.000 jiwa warga Kota Kupang belum terwujud lantaran tersandung

Masalah Sosial Bendungan Kolhua Tak Kunjung Selesai, Anggaran Bolak-Balik
POS KUPANG/APOLONIA MATILDE DHIU
Ilustrasi: Para mahasiswa yang tergabung dalam Forum Komunikasi Mahasiswa NTT melakukan aksi mendatangai Kantor DPRD Kota Kupang, Senin (10/6/2013).

Laporan Wartawan Pos Kupang Muhlis Al Alawi

POS KUPANG.COM, KUPANG -- Rencana pembangunan Bendungan Kolhua untuk solusi pemenuhan kebutuhan air baku bagi 400.000 jiwa warga Kota Kupang belum terwujud lantaran tersandung masalah sosial yang tak kunjung selesai.

Akibat masalah sosial berupa pembebasan lahan , dana pembangunan bendungan senilai Rp 400-anmilyar bolak-balik hingga tiga kali ke pemerintah pusat.

Kepala Balai Wilayah Sungai NTT II, R. Deppy Cipta Jatnika didampingi Kepala Seksi Perencanaan dan Operasional, Marhaban Suparno yang dikonfirmasi Pos Kupang di kantornya, Rabu (3/2/2016) siang membenarkan pengembalian dana pembangunan Bendungan Kolhua Rp 400-an milyar sudah mencapai tiga kali dalam tiga tahun terakhir.

Deppy menyatakan pemerintah baru akan menganggarkan pembangunan bendungan tersebut bila aspek teknis dan sosial sudah siap semuanya.

"Pemerintah pusat menegaskan daerah yang siap dari aspek teknis dan sosial untuk pembangunan bendungan baru akan diberikan anggarannya," kata Deppy.

Deppy mengatakan peran BWS NTT II dalam pembangunan berbagai bendungan di NTT hanya sebatas menyiapkan konstruksi dan anggarannya. Sementara penyiapan lahan menjadi kewenangan pemerintah daerah yang daerahnya mendapatkan bantuan pembangunan bendungan.*

Ikuti terus berita-berita terkini dan menarik dari http://pos-kupang.com  atau http://kupang.tribunnews.com

Like Facebook www.facebook.com/poskupang
Follow Twitter https://twitter.com/poskupang

Penulis: alwy
Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help