Lipsus Sunat Tradisional

News Analysis: dr. Eriana ID Ate Sebaiknya di Faskes

Biasanya setelah membuang air kecil ada sisa-sisa kotoran yang menempel di ujung penis.

News Analysis: dr. Eriana ID Ate Sebaiknya di Faskes
POS KUPANG/JUMAL HAUTEAS
dr. Eriana ID Ate 

SUNAT adalah proses membuang gland penis atau kulit yang berada di bagian ujung penis sehingga penisnya lebih terbuka untuk menghindari adanya infeksi atau sisa kotoran setelah membuang air kecil.

Biasanya setelah membuang air kecil ada sisa-sisa kotoran yang menempel di ujung penis.

Untuk sunat tradisional di Kabupetan Timor Tengah Selatan (TTS), beberapa kali terjadi kasus, mereka yang disunat melalui sifon (sunat tradisional) datang ke rumah sakit dan tempat praktek saya karena terjadi pendarahan.

Memang ada yang mengatakan mereka melakukan sunat kampung atau sifon karena sudah dilatih.

Mungkin itu adalah para kader, tetapi untuk melakukan suatu tindakan sunat, itu harus betul-betul dalam kondisi yang steril dan bersih, baik dari segi orangnya maupun dari segi alatnya.

Tetapi untuk tindakan pembersihan, kemungkinnan para mama kader sehabis makan sirih-pinang atau melakukan aktivitas lain lupa membersihkan tangannya dan langsung sunat.

Ini sangat penting untuk diketahui bahwa sunat tidak hanya berbahaya pada waktu melakukan sunat itu, tetapi juga ke depannya. Jadi harus dipikirkan masa pemulihan setelah seseorang disunat.

Sebab, jika pada saat melakukan sunat tidak dalam keadaan bersih atau alat yang dipakai tidak steril, bisa terjadi infeksi.

Ini memerlukan kehati-hatian. Kalau tidak mengetahui betul anatomi tubuh manusia bisa terjadi pendarahan atau salah memotong. Yang seharusnya tidak dipotong malah ikut dipotong. Itu sangat berbahaya, apalagi untuk seorang laki-laki.

Memang terjadi pendarahan karena sunat tradisional itu tanpa pembiusan. Para penyunat tradisional tidak menggunakan obat bius karena mereka tidak tahu menggunakannya dan tidak memahami dosis obat.

Halaman
12
Editor: Alfred Dama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved