PosKupang/

Letkol Laut M Wirda Prayogo Menahkodai Jagoan TNI AL

Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Rigel 933 sudah dua bulan tiba di peraian Kupang dan berlabuh di Dermaga Lantamal VII Kupang.

Letkol Laut M Wirda Prayogo Menahkodai Jagoan TNI AL
POS KUPANG/NOVEMY LEO
KRI RIGEL 933 - Kapal KRI Rigel 933 saat bersandar di Dermaga Lantamal VII Kupang, Rabu (13/1/2016) siang. 

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Rigel 933 sudah dua bulan tiba di peraian Kupang dan berlabuh di Dermaga Lantamal VII Kupang. Kapal anti karat buatan Perancis ini merupakan kapal tercanggih di Asia.

Kapal yang diperuntukkan bagi riset, survey dan pemetaan peraiaran ini dinahkodai oleh Komandan KRI Rigel 933, Letkol Laut (P) Muhammad Wirda Prayogo.

Secanggih apa kapal perang jenis Bantu Hidro Oseanografi (BHO) ini dan apa saja fungsinya, Letkol Wirda menjelaskan dalam wawancara eksklusif dengan wartawan Pos Kupang, OMDSMY Novemy Leo, langsung dari atas Kapal Rigel 933, Rabu (13/1/2016).

Apa yang melatarbelakangi pengadaan KRI Rigel 933?
KRI Rigel-933 dibangun berdasarkan kontrak pengadaan kapal BHO yang dilaksanakan Kementerian Pertahanan RI dengan pihak galangan OCEA Perancis. Dalam kontrak akan ada pembangunan dua kapal survey yakni Rigel 933 dan Spica.

KRI Rigel 933 berada di bawah kendali Dinas Hidro Oseanografi (Dishidros) TNI AL. Dishidrof sendiri dalam hal ini bertanggung jawab untuk menyediakan data dan informasi Hidro-oseanografi yang akurat sebagai data dasar yang digunakan sebagai bahan analisa strategi pertahanan nasional.

Apa fungsi KRI Rigel 933?
Kapal ini berfungsi untuk mendukung operasi survey penelitian, pemetaan laut, publikasi penerapan lingkungan laut dan keselamatan navigasi pelayaran baik untuk kepentingan TNI maupun umum. Terutama, jika dihadapkan dengan kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau.

Rigel bisa melakukan survey hidrografi, oseanografi, meteorologi, geofisika, serta perikanan. Dan Pemerintah Indonesia harus selalu updeting data-data survey laut karena sangat penting mengingat kondisi dasar laut bisa berubah sewaktu-waktu. Contohnya, kondisi perairan sekitar pantai yang direklamasi. Atau adanya kapal yang karam sehingga perlu dimasukkan dalam peta dasar laut.

Selain itu, dasar laut Indonesia juga menyimpan banyak jebakan yang mampu mengandaskan kapal, seperti karang besar, bebatuan dasar laut, bangkai kapal, dan ranjau laut. Jika proses up date kondisi semacam itu tidak rutin dilakukan maka bisa berbahaya baik bagi TNI maupun bagi masyarakat. Proses updateing data itu dilakukan oleh Rigel 933.

KRI Rigel 933 diklaim sebagai kapal perang jenis Bantu Hidro-Oseanografi (BHO) yang tercanggih di Asia. Benarkah? Apa saja kecanggihannya?
Benar! Saat ini Rigel 933 adalah kapal tercanggih di Asia karena peralatannya tergolong paling baik dan tercanggih. Rigel 933 dapat melakukan pemetaan yang canggih karena dilengkapi dengan peralatan survey hidro-oseanografi terbaru yaitu Deep Water Multibeam Kongsber EM302. Peralatan ini memiliki resolusi dan akurasi yang cukup tinggi, dengan menggunakan gelombang suara frekusensi 30 KHz.

Dengan alat tersebut, KRIRigel-933 mampu melaksanakan pemetaan bawah laut hingga kedalaman 7.000 meter. Sebagai pelengkap, di dalam kapal ini juga terdapat Shallow Water Multibeam EM 2040, sebuah peralatan yang dirancang berukuran kecil dan ringan, mampu memberikan akurasi data tinggi, saat dilakukan pemetaan.

Halaman
1234
Penulis: omdsmy_novemy_leo
Editor: omdsmy_novemy_leo
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help