Nagekeo Butuh Kapal Roro Dan Perintis untuk Buka Transportasi Laut Wilayah Barat

Bupati Nagekeo, Elias Djo mengatakan, Kabupaten Nagekeo membutuhkan kehadiran kapal roro atau perintis untuk membuka transportasi laut ke kota-kota di

Nagekeo Butuh Kapal Roro Dan Perintis untuk Buka Transportasi Laut Wilayah Barat
Net
Dermaga pelabuhan Marpokot di Kabupaten Nagekeo merupakan pintu masuk laut ke kawasan Kapet Mbay 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Adiana Ahmad

POS KUPANG.COM, MBAY -- Bupati Nagekeo, Elias Djo mengatakan, Kabupaten Nagekeo membutuhkan kehadiran kapal roro atau perintis untuk membuka transportasi laut ke kota-kota di wilayah Barat Indonesia.

Kehadiran kapal perintis dan kapala roro diharapkan dapat menggerakan ekonomi daerah itu melalui lalu lintas barang dan jasa menggunakan media transportasi laut.

Elias yang berkunjung ke Pelabuhan Marapokot Senin (4/1/2016), berharap, dengan penetapan pelabuhan di Manggarai menjadi salah satu jalur tol laut akan diikuti dengan bantuk kapal perintis ke NTT terutam bagian Utara Flores untuk memudahkan akses barang dan jasa di pusat-pusat produksi di sepenjang pantai Utara Flores.

Selain perintis, Elias mengatakan, Nagekeo juga membutuhkan kapal roro dan kapal ekspedisi atau kapal peti kemas.

"Kalau peti kemas belum ada, cukup kapal roro dulu. Saya akan berusaha untuk melobi kapal-kapal ekspedisi bisa masuk ke sini karena kita sangat membutuhkan kapal-kapal ekspedisi. Selama ini, harga barang di Nagekeo begitu tinggi karena biaya pengiriman mahal. Barang-barang dari luar harus masuk ke Maumere dulu baru ke Mbay. Akibatnya, biaya tinggi," demikian Elias.

Elias mengungkapkan, Pelabuhan Marapokot sudah layak dikunjungi kapal roro dan kapal ekspedisi peti kemas. Dengan panjang 157 meter, katanya, Dermaga Marapokot bisa menampung dua kapal kapal perintis atau kapal roro atau dua kapal penumpang ukuran sedang.

Elias yang saat itu didampingi Plh. Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Marapokot, Paulus Pora, mengatakan, fasilitas di Pelabuhan Marapokot serta kedalaman laut di Dermaga Marapokot cukup mendukung kehadiran kapal penumpang maupun kapal-kapal ekspedisi di pelabuhan itu.*

Ikuti terus berita-berita terkini dan menarik dari http://pos-kupang.com  atau http://kupang.tribunnews.com

Like Facebook www.facebook.com/poskupang
Follow Twitter https://twitter.com/poskupang

Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved