PosKupang/

Harisany Olvira Ballo: Uang Bukan Segalanya

Tuhan senantiasa menyediakan jalan dan berkat bagi setiap orang yang percaya kepada-Nya.Sebagaimana yang dialami oleh Harisany Olvira Ballo alias Ira

Harisany Olvira Ballo: Uang Bukan Segalanya
PK/VEL
Olvira Ballo 

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Tuhan senantiasa menyediakan jalan dan berkat bagi setiap orang yang percaya kepada-Nya. Tiada yang mustahil bagi-Nya. Sebagaimana yang dialami oleh Harisany Olvira Ballo alias Ira.

Saat resign Agustus 2013 lalu dari sebuah perusahaan besar di Jakarta, perempuan asal NTT ini langsung banting setir ke bisnis kuliner. Dengan kerja keras dan kesungguhannya, Ira memproduksi cemilan khas NTT dengan brand Mama Ana.

Kini produknya sudah dipasarkan hingga ke luar NTT. Bagaimana Ira memulai usahanya dan apa tipsnya untuk mengembangkan usaha itu, semua diceritakan Ira dalam wawancara eksklusif bersama wartawan Pos Kupang, OMDSMY Novemy Leo, di Kupang, belum lama ini.

Mengapa Anda memilih berbisnis kuliner saat resign?
Bisnis kuliner, itulah yang pertama kali terbersit dalam pikiran saya saat saya mengalami resign tahun 2013 lalu. Saya suka makan dan bisnis kuliner sepertinya paling tepat untuk saya kerjakan. Saya kemudian memutuskan untuk pulang ke Kupang dan memulai bisnis saya itu.

Saya memilih brand dengan nama Mama Ana, nama mama saya. Karena sepertinya nama itu familiar di telinga orang Kupang. Konsepnya adalah makanan olahan khas NTT dalam kemasan. Produk yang pertama kali saya produksi adalah kue tar susu, kue brudel, abon ikan, Se'i (daging asap), kacang panggang dan sagu.

Hemat saya, biasanya tar susu itu hanya dibuat untuk acara-acara tertentu dalam keluarga karena itu saya mau membuatnya menjadi lebih familiar untuk kuliner setiap hari.

Bahannya dari mana, siapa yang mengerjakannya?
Saya orang NTT. Tentu akan lebih mudah untuk mengerjakannya dan memperoleh bahannya. Bahannya juga menggunakan bahan lokal NTT, misalnya untuk sagu bahannya dari beras Oesao dan Tarus yang langsung diambil dari penggilingan.

Untuk produk kacang, bahannya dari sejumlah daerah di NTT. Semula saya yang mengerjakannya dibantu mama, kemudian saya dibantu oleh beberapa orang. Gula yang kami gunakan juga gula merah has NTT.

Apa ciri khas dari produk Mama Ana?
Konten lokal dalam produk Mama Ana sangat tinggi. Produk kami juga aman dimakan karena tidak menggunakan bahan tambahan makanan, tidak gunakan penyedap rasa apalagi pemanis buatan atau pewarna sintetis. Kami tidak gunakan bahan-bahan itu pada produk Mama Ana.

Produk kami juga bersih dan sehat, kemasan juga sangat menarik, dan juga berfungsi melindungi produk. Kami akan terus melakukan inovasi agar produk kami bisa diterima oleh masyarakat. Semua proses produksi hingga pengemasan dan pemasarannya saya langsung turun tangan sendiri.

Halaman
1234
Penulis: omdsmy_novemy_leo
Editor: omdsmy_novemy_leo
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help