Harga Aspal Hotmix Mahal, Proyek Jalan Ditender Ulang

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) Kabupaten Kupang, Johni Nomeseoh mengatakan beberapa proyek jalan di Kabupaten Kupang terpaksa ditender ulang.

Harga Aspal Hotmix Mahal, Proyek Jalan Ditender Ulang
istimewa
Ilustrasi: Perbaikan pekerjaan hotmix AC BC dan AC WC pada segmen IV ruas jalan Niki Niki - Noelmuti, dua pekan lalu. 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Julianus Akoit

POS KUPANG.COM, OELAMASI -- Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) Kabupaten Kupang, Johni Nomeseoh mengatakan beberapa proyek jalan di Kabupaten Kupang terpaksa ditender ulang. Pasalnya harga aspal hotmix di pasaran merangkak naik.

"Sampai sekarang, beberapa proyek jalan di Kabupaten Kupang belum dikerjakan dan ditender ulang. Pasalnya harga aspal hotmix merangkak naik," jelas Nomeseoh di Gedung DPRD Kabupaten Kupang, Rabu (18/11/2015) siang.

Dalam perencanaan awal pemerintah menetapkan alokasi anggaran sebesar Rp 1,5 miliar per kilometer. Namun ternyata di pasar, harga aspal hotmix menjadi Rp 1,6 miliar per kilometer.

Nomeseoh mencontohkan proyek jalan masuk ke RSUD Naibonat sepanjang 2.000 meter, terkatung-katung sampai sekarang. Saat tender, tidak ada kontraktor yang berani ikut. Sebab pagu anggaran yang ditetapkan di bawah harga pasar.

"Juga jalan masuk ke Terminal Noelbaki, belum dilaksanakan karena kendala harga aspal yang mahal," jelas Nomeseoh.

Ia mengatakan pihaknya sudah mengusulkan tambahan anggaran kepada DPRD Kabupaten Kupang. Dan usulan itu disetujui untuk dialokasikan dalam APBD Perubahan 2015.

Nomeseoh mengatakan ia sangat optimis, proyek jalan dapat diselesaikan secepatnya kendati rentang waktu efektif tersisa 30 hari lagi.

"Kalau kerja jalan pakai aspal hotmix tidak lama. Cuma beberapa hari saja sudah rampung. Lain halnya kerja jalan pakai aspal curah," jelas Nomeseoh.*

Penulis: Julius Akoit
Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help