Puluhan Makalah Akan Seminar Nasional di BPTP Naibonat

Seminar nasional ini diselenggarakan atas kerjasama BPTP NTT, Badan Litbang Pertanian Jakarta dan Undana Kupang

Laporan Wartawan Pos Kupang, Julianus Akoit

POS KUPANG.COM, OELAMASI - Kantor Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) NTT di Naibonat akan menggelar seminar nasional, Rabu (4/10/2015) siang. Tercatat 86 makalah dari 22 lembaga penelitian dan universitas se-Indonesia akan meramaikan seminar ini.

"Seminar ini akan dibuka oleh Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya. Beliau juga akan membawakan salah satu makalah utama," jelas Humas Panitia seminar, Ir. Anderias Ila dan stafnya, Petrus Jedo, SST, dalam siaran persnya, yang diterima Pos Kupang, Minggu (1/11/2015).

Tema seminar tentang "Inovasi Teknologi Pertanian untuk Mewujudkan Swasembada Pangan dan Daya Saing Produk Pertanian". Sampai Minggu siang tercatat sudah 86 makalah yang siap meramaikan seminar nasional itu.

"Sebanyak 86 makalah itu berasal dari 22 lembaga penelitian dan universitas di Indonesia, diantaranya dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Bali, Mataram, NTT dan Papua," jelas Ande Ila.

Seminar ini, lanjut Ande Ila, merupakan forum pertemuan antara pakar berbagai keahlian bidang pertanian dengan stakeholders seperti penyuluh pertanian lapangan, petugas lingkup dinas pertanian, kontak tani, dan LSM yang terkait pembangunan pertanian.

Seminar nasional ini, lanjutnya, bertujuan untuk membahas peluang pengembangan inovasi teknologi yang dapat mewujudkan swasembada pangan dan peningkatan daya saing produk pertanian. Kedua, menciptakan jejaring dan kemitraan antar stakeholder di bidang pertanian. Dan ketiga, mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan pengkajian kepada stakeholder sekaligus memperoleh masukan untuk perbaikan inovasi yang sudah ada..

"Seminar nasional ini diselenggarakan atas kerjasama BPTP NTT, Badan Litbang Pertanian Jakarta dan Undana Kupang," kata Ande Ila. (*)

Penulis: Julius Akoit
Editor: Marsel Ali
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved