profil

Bripda Rit Mude Mimpi Tercapai

Sejak kecil memiliki cita-cita menjadi seorang pelindung dan pengayom masyarakat dalam korps kepolisian terwujud dalam kehidupan Bripda Rit Mude.

Bripda Rit Mude Mimpi Tercapai
POS KUPANG
Bripda Rit Mude 

POS-KUPANG.COM, MAUMERE - Tak disangka mimpi menjadi kenyataan. Sejak kecil memiliki cita-cita menjadi seorang pelindung dan pengayom masyarakat dalam korps kepolisian terwujud dalam kehidupan Bripda Rit Mude, anggota Polsek Alok, Polres Sikka.

Gadis belia kelahiran Dusun Ndewe, Desa Masabewa, Kecamatan Paga, tanggal 26 Oktober 1995 yang memiliki nama lengkap Sia Trivonia Florida Mude ini, sejak kecil memang bercita-cita menjadi seorang polisi wanita (Polwan).

Rit yang ditemui Pos Kupang di Polsek Alok, Jalan El Tari Maumere, Kamis (22/10/2015) siang, mengatakan, perjalanan cita-citanya menjadi Polwan seiring dengan waktu.

Setiapkali menonton film laga yang menampilkan tokoh perempuan dan setiap menyaksikan berita di televisi yang mengangkat aktivitas polisi wanita yang dengan gagah berdiri tegak di jalan sambil mengatur lalu lintas kendaraan di jalan raya, tekatnya menjadi polwan makin kuat.

"Saat nonton TV dan film tentang tokoh polisi perempuan membuat saya berkeinginan kuat menjadi seorang polwan," kata Rit.

Untuk mendukung dirinya menjadi seorang polisi wanita, saat duduk di bangku SMPK Alvares Paga, putri pasangan Laurensius Laka dan Maria Kristina ini mengikuti aktivitas dalam kegiatan pembinaan mental dan fisik.

Dua kali berturut-turut menjadi anggota Paskibraka tingkat SMP di Paga. Tak hanya sampai tingkat SMP saja, di tahun 2012 ia dipercayakan menjadi salah satu anggota pasukan pengibar bendera merah putih tingkat Kabupaten Sikka mewakili SMK Santa Matildha Maumere.

Setelah menamatkan sekolah keperawatan, Rit sempat bekerja sebagai pembantu dokter gigi pada salah satu dokter prakter di bumi nyiur melambai.

"Di tahun 2014, puji Tuhan, keinginan dan cita-cita menjadi polwan akhirnya tercapai. Saya bersyukur dan terus belajar dan berlatih menjadi anggota polisi yang baik. Saya selalu terus belajar dari senior saya dan meminta dukungan dari Kapolsek Alok, Iptu Yohanes Payong. Saya belajar mencintai tugas dan pekerjaan saya. Dukungan masyarakat pun sangat saya harapkan," kata wanita berambut pendek ini. (ris)

Editor: omdsmy_novemy_leo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved