profil

Jenneth Pascarany Dethan: Kalau Tuhan Berkenan

Awalnya hanya ikut-ikutan latihan memanfaatkan waktu untuk kegiatan ekstrakurikuler.

Jenneth Pascarany Dethan: Kalau Tuhan Berkenan
PK/FEN
Jenneth Dethan 

POS-KUPANG.COM, KUPANG --- Awalnya hanya ikut-ikutan latihan memanfaatkan waktu untuk kegiatan ekstrakurikuler. Namun lama-lama ketagihan dan jatuh hati. Dengan disiplin latihan yang tinggi, gadis imut-imut ini sudah mengoleksi sejumlah prestasi yang mengharumkan nama NTT.

Gadis ini juga telah mengharumkan nama Indonesia di pesta olahraga bangsa-bangsa Asia Tenggara, SEA Games.

Itulah sosok Jenneth Pascarany Dethan. Dara kelahiran Kupang 29 Maret 1991 ini adalah anak dari pasangan Bastian Dethan (komedian Kota Kupang) dan Vera Dethan.

Saat ditemui Pos Kupang di sela-sela latihan di Aula Serbaguna KONI NTT, Jalan WJ Lalamentik Kupang, Jumat (11/9/2015) sore, Jenneth mengaku saat ini atlet kempo NTT sedang fokus latihan untuk persiapan menuju Pra PON tanggal 1-4 Oktober 2015 di Bandung.

"Orangtua sangat mendukung saya menggeluti olahraga bela diri kempo," tutur Jenneth.

Jenneth sudah meraih sejumlah prestasi, antara lain medali emas nomor beregu campuran di PON 2012 di Riau dan medali perak nomor pasangan putri 2/3 DAN.

Sebelumnya di Pra PON 2011 di Makassar, Jenneth meraih perak di nomor beregu campuran serta medali perunggu nomor pasangan putri. Di SEA Games tahun 2011 di Jakarta, Jenneth tampil di nomor embu beregu meraih medali emas.

Dan di SEA Games 2013, di Myanmar bermain di nomor embu beregu putri meraih perungu.

"Beta sekarang kuliah di FISIP Undana semester XI. Agak terlambat karena dua kali ambil cuti khusus untuk mengikuti Pelatnas SEA Games tahun 2011 di Jakarta, dan tahun 2013 SEA Games Myanmar," ujarnya.

Tentang prestasi nasional lainnya, Jenneth menjelaskan, mengikuti Kejuaraan Indonesia Open 2009 di Bali meraih medali perunggu embu beregu campuran. Kejurnas Kempo Bogor I tahun 2001 meraih emas nomor pasangan putri yunior. Kejurnas Kempo Bogor II tahun 2002 meraih emas pasangan putri, dan Kejurnas Kempo III tahun 2003 juga meraih emas pasangan putri yunior.

Tahun 2004 Jenneth ikut Kejurnas antar Kota di Malang, Jatim meraih emas nomor pasangan putri (berpasangan dengan Helena Tefbana). Tahun 2005 ikut Kejurnas Kempo di Sidoarjo, Jawa Timur bermain di nomor beregu campuran meraih medali emas. Juga tampil di nomor pasangan putri di even yang sama meraih medali emas.

Tahun 2006 tampil di Kejurnas Kempo di Tangeran, Banten di nomor pasangan campuran yu-dansa (pemegang sabuk hitam) meraih medali emas. Sedangkan turun di nomor beregu meraih medali perunggu.

"Kami dilatih Sensei George Hadjo (V DAN), Simpai Yuliana Toh (3 DAN) serta Simpai Semuel Untung (3 DAN). Prestasi ini bisa diraih karena disiplin dan ketekunan selama mengikuti latihan. Dan yang utama karena ada campur tangan Tuhan," kata Jenneth.

Tentang target di Pra PON 2015 di Bandung, Jabar, gadis lesung pipi ini mengaku targetnya meraih medali. "Kalau Tuhan berkenan pasti saya akan meraih medali emas. Namun semua butuh dukungan doa masyarakat NTT agar Flobamora berkibar di Pra PON," ujarnya. (ferry ndoen)

Editor: omdsmy_novemy_leo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help