profil

Empat Nama Penjabat Bupati

Pemprov NTT sudah mengusulkan beberapa nama pejabat tingkat provinsi NTT kepada Kemendagri untuk menjadi penjabat bupati di empat kapupaten

Empat Nama Penjabat Bupati
Net
Ilustrasi 

POS-KUPANG.COM, KUPANG -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT sudah mengusulkan beberapa nama pejabat tingkat provinsi NTT kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menjadi penjabat bupati di empat kabupaten penyelenggara pemilihan kepala daerah (Pilkada) di NTT.

Dari beberapa nama yang diusulkan, empat ama penjabat tingkat provinsi NTT bakal menjadi penjabat bupati empat kabupaten. Empat pejabat itu, yakni Marius Jelamu (Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT), Tini Thadeus (Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah NTT), Kosmas Lana (Kepala Badan Litbang NTT), dan John Mila Mesa.

Sumber yang layak dipercaya di lingkungan Sekretaroat Daerah (Setda) NTT, Selasa (25/8/2015) menyebutkan, Marius Jelamu, diusulkan menjadi penjabat bupati Kabupaten Manggarai; Tini Thadeus, untuk Manggarai Barat (Mabar); Kosmas Lana, untuk Ngada dan John Mila Mesa, diusulkan untuk penjabat bupati Sumba Timur (Sumtim).

Sekretaris Daerah (Sekda) NTT, Frans Salem, S.H, M.Si, yang dikonfirmasi mengenai nama-nama yang diusulkan itu mengatakan, tunggu saja dalam satu dua hari ke depan sudah dapat diketahui Ia membenarkan Pemprov NTT sudah mengusulkan calon penjabat bupati untuk empat kabupaten penyelenggara pilkada, yakni Manggarai Barat, Manggarai, Sumba Timur dan Ngada.

Tiap kabupaten, lanjut Frans, diusulkan tiga nama kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Diharapkan dalam waktu dekat nama penjabat definitif sudah diturunkan Mendagri sehingga dilakukan pelantikan oleh Gubernur NTT.

Frans mengatakan, penetapan nama penjabat bupati akan disesuaikan dengan akhir masa jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah. Dua kabupaten bakal lebih dahulu, yakni Manggarai Barat dan Sumba Timur karena akhir masa jabatan bupati dan wakil bupati pada 30 Agustus 2015.

Ditemui di ruang kerjanya, Frans menjelaskan, biasanya sebelum tanggal akhir masa jabatan, nama penjabat sudah diterima. "Saya kira pekan depan sudah bisa diketahui nama penjabat untuk dua kabupaten itu," ujarnya.

Ditanya apakah nama yang diusulkan ada pejabat dari kabupaten bersangkutan yang memenuhi syarat, Frans mengatakan, jabatan eselon IIA di kabupaten hanya sekda. Pemprov NTT mengusulkan pejabat yang ada di provinsi, karena cukup banyak yang memenuhi syarat.

Akhir masa jabatan bupati dan wakil bupati yang menyelenggarakan pilkada serentak 2015, yaitu Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat, Agus Ch. Dulla-Gasa Maximus, Bupati dan Wakil Bupati Sumba Barat, Jubilate Pieter Pandango-Reko Deta; Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur, Gidion Mbilijora-Matius Kitu, akhir masa jabatan 30 Agustus 2015.

Bupati dan Wakil Bupati Ngada, Marianus Sae-Paulus Soliwoa; Bupati dan Wakil Bupati Manggarai, Christian Rotok-Deno Kamelus, akhir masa jabatan pada 14 September 2015. Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua, Marten Dira Tome-Niko Rihi Heke, akan berakhir masa jabatan pada 24 Januari 2016.

Editor: omdsmy_novemy_leo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help