profil

Venna Melinda Bilang NTT Butuh Sentuhan

Provinsi NTT sesungguhnya memiliki potensi yang luar biasa di sejumlah bidang.

Venna Melinda Bilang NTT Butuh Sentuhan
istimewa
Venna Melinda

POS-KUPANG.COM, KUPANG --- Provinsi NTT sesungguhnya memiliki potensi yang luar biasa di sejumlah bidang.

Karena itu, NTT tidak pantas diberi stigma sebagai daerah terbelakang, miskin dan jauh dari kemajuan. Untuk mengelola potensi yang ada butuh kemauan baik dari semua pihak, terutama pemerintah daerah.

Demikian anggota Komisi X DPR RI, Venna Melinda, S.E, yang ditemui Pos Kupang ketika berkunjung di Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Selasa (11/8/2015).

"Potensi sumber daya alam dan kekayaan nilai-nilai budaya serta obyek wisata di NTT sangat menjanjikan. Jika dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah dan masyarakat akan memberikan efek yang luar biasa bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat NTT," kata mantan model dan artis yang kini menjadi anggota legislatif di Senayan-Jakarta ini.

Menurut perempuan kelahiran Surabaya, Jawa Timur, 20 Juli 1972, untuk mengoptimalkan pengelolaan potensi yang ada di NTT dan Kota Kupang khususnya, tidak semudah yang dibayangkan.

Namun, lanjut Venna, yang adalah salah satu pemeran film Catatan Si Boy II, hal itu bukan berarti bahwa NTT harus terus menyandang stigma negatif dan dianggap tidak bisa maju menyaingi daerah-daerah lain.

Sebab, kata pemenang Pemilihan Putri Indonesia tahun 1994, jika diupayakan dengan baik dan secara bersama oleh pemerintah, dunia usaha dan masyarakat, NTT tidak hanya akan mampu menyaingi daerah lain di Indonesia, tapi juga akan mampu berkiprah hingga dunia internasional.

"NTT ini provinsi kepulauan, memiliki daerah pantai yang luas, dengan keunikan perairannya masing-masing. Jadi, sebenarnya ini potensi pariwisata, perikanan dan kelautan yang luar biasa untuk dikelola menjadi kekuatan membangun ekonomi masyarakat NTT," kata perempuan yang pernah membintangi sinetron Bella Vista 1 dan Bella Vista 2, yang diproduksi oleh Multivision Plus.

Menurut Venna, hal yang paling utama untuk memajukan NTT adalah semua elemen masyarakat di daerah ini, termasuk pemerintahnya mengubah pola pikir tentang NTT sendiri.

Sebab, kata Venna, selama tidak ada perubahan pola pikir oleh pemerintah dan masyarakat NTT tentang kondisi NTT yang sesungguhnya, maka NTT tidak akan bergerak maju untuk mengejar kemajuan seperti daerah lainnya.

"Pemerintah harus berada di garis pertama dan terutama dengan pola pikir yang lebih maju, untuk membawa NTT menjadi daerah yang maju. Karena jika tidak, tidak akan ada gebrakan pembangunan yang baik untuk memaksimalkan potensi sumber daya alam, khususnya potensi pariwisata, perikanan dan kelautan di NTT," tegas Venna, yang merambah dunia politik sejak tahun 2009 melalui Partai Demokrat, dan berhasil menjadi anggota DPR RI.

Venna mengaku sudah dua kali berkunjung ke Kota Kupang. Ia mengagumi banyak hal yang ada di Kota Kupang dan sekitarnya, juga sejumlah daerah lainnya di NTT. Kekaguman Venna terutama obyek pariwisata dan seni budaya di NTT.

"Anak-anak, ibu-ibu, mahasiswa dan masyarakat di sini juga memiliki potensi sumber daya manusia yang luar biasa. Hanya membutuhkan sentuhan dan sedikit pemicu dari pemerintah untuk membangkitkan potensi itu menjadi kekuatan untuk memajukan NTT.

Jadi, sekarang tergantung pemerintah mau majukan NTT dengan potensi-potensi yang ada tersebut atau tidak," tandas Venna Melinda, yang ketika masih menjadi artis pernah membintangi sejumlah sinetron, di antaranya Bulan Bukan Perawan dan Opera Jakarta.

Editor: omdsmy_novemy_leo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved