Penumpang dari dan ke Bandara El Tari Kupang Mencapai 79 Ribuan

Dari total penumpang 79 ribuan, penumpang yang datang mencapai 37.671 orang dengan 469 penumpang.

Penumpang dari dan ke Bandara El Tari Kupang Mencapai 79 Ribuan
Ant
Bandara El Tari

POS KUPANG.COM, KUPANG--Sejak Posko pengamanan hari raya Lebaran PT Angkasa Pura I beroperasi, terdata dari H-15 hingga H-1 tercatat 79.178 penumpang terdiri dari penumpang berangkat 41.507 orang dan sisanya pulang dengan 467 penerbangan.

Section Head safety, Health and Enviroment PT. Angkasa Pura I, sekaligus, Ketua Posko Pengamanan Lebaran, Gabriel Keraf mengatakan hal ini ketika ditemui di Posko tersebut, Senin (20/7/2015).

Gabriel mengatakan, dari total penumpang 79 ribuan, penumpang yang datang mencapai 37.671 orang dengan 469 penumpang. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, rata-rata persentase penumpang secara keseluruhan bertumbuh sekitar 20 persen.

Untuk puncak penumpang, menjelang hari raya Lebaran, terjadi pada H-4 dengan 32 penerbangan terdapat 2.794 penumpang, sedangkan kedatangan 2.496 penumpang dengan 34 penerbangan.

"Pada hari pertama lebaran, penumpang yang datang dan berangkat berimbang. Tidak terjadi perbedaan yang sangat signifikan, hanya sekitar 1.000-an. Sedangkan pada lebaran hari kedua penumpang datang bertumbuh sekitar 57 persen, yaitu 2.000-an penumpang," tuturnya,

Sejak H+1 setelah lebaran, kata Gabriel, arus penumpang untuk datang dan berangkat ke luar Kota Kupang atau NTT masih banyak. Hal ini disebabkan usai lebaran sekolah-sekolah masih berlibur. Banyak penumpang yang berangkat ke kabupaten/kota di NTT, seperti Flores dan lainnya.

Ia mengatakan, Posko pengamanan lebaran masih terus berlangsung hingga h+9. Selama ada posko, operasional di Bandara El Tari Kupang berjalan dengan aman, kecuali pada 10 Juli lalu terjadi kejadian erupsi Gunung Raung yang mengakibatkan penumpang batal berangkat ke daerah tujuan.

Malam takbiran pun, masih ada penumpang tujuan Surabaya yang tertahan di Bandara El Tari Kupang, karena Bandara di Surabaya tutup akibat faktor alam tersebut. Namun, rata-rata penumpang memahami karena faktor alam. (yen)

Editor: Ferry Ndoen
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved