profil

Heronimus Guru: Kado Mayjen untuk Ibu

Masyarakat NTT patut berbangga. Salah satu putra terbaiknya, Mayor Jenderal (Mayjen) Heronimus Guru menjadi Wakil Komandan (Wadan) Kodiklat TNI AD.

Heronimus Guru: Kado Mayjen untuk Ibu
istimewa
Mayjen Heronimus Guru 

POS-KUPANG.COM, KUPANG --- Masyarakat NTT patut berbangga. Salah satu putra terbaiknya, Mayor Jenderal (Mayjen) Heronimus Guru menjadi Wakil Komandan (Wadan) Kodiklat TNI AD.

Pria kelahiran Ruteng, Manggarai, ini dipromosi menjadi Jenderal Bintang 2 (Mayjen) dan diangkat Presiden Jokowi menjadi Deputi Operasi Badan SAR Nasional (Basarnas).

Yang paling bangga tentu keluarganya, Ona de Rosari, ibunya, dan almarhum ayahnya, Antonius Poding Guru. Tidak ketinggalan salah satu adik kandung sang jenderal, Romo Patrick Guru, Pr.

Dari Roma, Italia, Senin (13/7/2015), melalui email kepada Pos Kupang, dosen Seminari Tinggi Ritapiret Maumere ini cepat-cepat menyampaikan kabar suka cita itu kepada masyarakat NTT.

"Saya mengetahui berita gembira ini dari internet. Apa yang dicapai ini merupakan rahmat Tuhan dan doa dari Ibunda tercinta, keluarga besar, serta seluruh masyarakat Flores-NTT. Keluarga menyampaikan syukur atas kepercayaan yang diberikan kepada kakak kami ini," kata Romo Patrick Guru.

Romo Patrick menggambarkan sosok kakaknya itu sebagai pribadi yang rendah hati, tekun berdoa, pekerja keras dan sangat mencintai keluarga. "Heronimus selalu percaya Tuhan mempunyai rencana indah untuk tugas yang dipercayakan kepadanya," kata Romo Patrick lagi.

Mayjen Heronimus Guru, yang dihubungi Pos Kupang, Senin (13/7/2015), tidak banyak bicara tentang dirinya. Namun dia membenarkan jabatan baru yang dipercayakan Presiden Jokowi kepadanya sebagai Deputi Operasi Basarnas.

Mayjen Heronimus menyampaikan syukur kepada Tuhan. Ia juga menyatakan siap menjalankan tugas yang diemban negara kepadanya. "Semakin tinggi jabatan dan pangkat seseorang, hendaknya tetap semakin rendah hati dan tahu bersyukur pada Tuhan," ujar Heronimus.

Pangkat Mayjen itu pun dipersembahkan Heronimus sebagai kado ulang tahun ke-80 bagi ibunya, Ona de Rosari. Mayjen Heronimus menyakini semua yang diperolehnya sebagai berkat Tuhan dan buah dari doa ibunya.

"Sesibuk apapun, saya selalu kontak mama. Saya selalu mendengarkan suara mama. Dan mendapatkan kekuatan untuk bekerja dan menjalankan perutusan negara dengan penuh tanggung jawab," kata suami dari Ir. Susy Hidayati ini.

Mayjen Heronimus pernah bertugas sebagai Liaison Officer Garuda XII B di Kamboja bersama Jenderal Ryamizard Ryacudu, saat ini Menteri Pertahanan (Menhan). Saat latihan gabungan TNI 2014, Mayjen Heronimus menjabat Deputi Latihan dan Letjend Paulus sebagai Direktur Latihan.

Di bidang akademik, dia mencapai hasil akademik dengan IPK tertinggi lulusan Universitas Pertahanan (Unhan). Pernah menjabat Danmentar Akmil (Akademi Militer) Magelang saat Panglima TNI, Gatot Nurmantyo, sebagai Gubernur Akmil.

DATA DIRI
- Nama : Mayjen TNI Heronimus Guru
- TTL : Hombel-Mabumuku, Ruteng, Manggarai, 23 Januari 1960.
- Istri : Ir. Susy Hidayati
- Anak : 1. Letda (Inf) Raditya Guru
2. Bonita Faustina Guru (kuliah di UGM Yogyakarta)
- Jabatan Terakhir: Wadan Kodiklat TNI AD
- Jabatan Sebelumnya:
* Komandan Brigade Infantri 17 Kostrad
* Komandan Batalyion 328 Kostrad
* Komandan Brigade Linud 17 Kostrad

Pendidikan
* Seskoad Staf dan Komando di London-Inggris
* Akabri AD Tamat 1984
* SMA Negeri 1 Ruteng
* SMP Seminari Kisol
* SDK Ruteng 2

Editor: omdsmy_novemy_leo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved