MotoGP

Rossi: Marquez Tidak Memberi Saya Pilihan

Sebelum finis, kedua pebalap sempat bersenggolan di tikungan terakhir (chicane). Rossi menyebut Marquez tidak memberinya pilihan selain keluar lintasa

Rossi: Marquez Tidak Memberi Saya Pilihan
AFP PHOTO/ANP/BAS CZERWINSKI
Pebalap Movistar Yamaha asal Italia, Valentino Rossi, memacu motornya pada sesi kualifikasi GP Belanda di Sirkuit Assen, Jumat (26/6/2015). 

POS KUPANG.COM, ASSEN -- Balapan GP Belanda di Sirkuit Assen, Sabtu (27/6/2015), diwarnai kisah finis kontroversial antara Valentino Rossi dan Marc Marquez. Rossi finis pertama, sementara Marquez kedua.

Sebelum finis, kedua pebalap sempat bersenggolan di tikungan terakhir (chicane). Rossi menyebut Marquez tidak memberinya pilihan selain keluar lintasan dan melintasi gravel.

Rossi terus melaju dan memotong tikungan. Saat kembali ke lintasan, dia berada cukup jauh di depan Marquez dan finis lebih dulu. Marquez sempat kehilangan keseimbangan motor akibat senggolan tersebut, tetapi bisa bertahan dan menyelesaikan balapan.

"Seingat saya, saya jelas berada di depannya," cerita Rossi. "Saya mengerem dengan keras, bertahan di tengah. Lalu ketika masuk tikungan saya berada di sisi kanan, dan dia menghampiri saya," terang Rossi.

"Namun, saya hanya melihat ban motornya, jadi dia menyenggol saya di bagian belakang siku saya. Itu berarti kontak terbesar terjadi pada bagian tengah motor saya."

"Ketika itu terjadi, saya tidak punya kesempatan karena tidak bisa bertahan di chicane, sementara kecepatan sangat tinggi. Jadi, saya masuk ke gravel pada traksi pertama. Saya harus mengegas karena tidak tahu seberapa dalam (gravel-nya). Saya tidak ingin jatuh di gravel. Saya beruntung bisa mengontrol motor," lanjutnya.

Rossi juga menegaskan bahwa itu merupakan versinya. "Ini versi saya, dan kita tahu versi dia. Namun, seingat saya, itulah yang terjadi," aku pebalap 36 tahun tersebut.

Editor: Alfred Dama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved