Bandara Adonara Bisa Mubazir

Ketua DPRD NTT, Anwar Pua Geno tidak mempermasalahkan dana survei Rp 1,1 miliar.

KUPANG, POS KUPANG.COM-- Ketua DPRD NTT, Anwar Pua Geno tidak mempermasalahkan  dana survei  Rp 1,1 miliar. untuk  Bandara Adonara di Kabupaten Flores Timur.

Anwar  berharap masalah itu dibahas lagi dengan pimpinan Dewan agar kehadiran bandara  tidak mubazir.

Sebab di kawasan itu sudah ada dua bandara yakni di Lewoleba, Kabupaten Lembata dan di Larantuka, Kabupaten Flores Timur. Berdasarkan pengalaman, ada beberapa pelabuhan di NTT tidak digunakan seoptimal mungkin sesuai peruntukannya.

Anwar Pua Geno menyampaikan hal ini pada rapat paripurna DPRD NTT dengan agenda pemandangan umum Komisi-Komisi DPRD NTT, Selasa (23/6/2015).

Hadir saat ini Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya, Sekda NTT, Frans Salem, S.H, M.Si serta pimpinan SKPD lingkup Setda NTT.

Anwar menjelaskan, pendapatnya beberapa waktu lalu sesungguhnya tidak mewakili lembaga terkait penghentian rencana pembangunan bandara di Adonara. Pasalnya, ada penolakan dari salah satu suku di Adonara sehingga diharapkan perlu dibicarakan lagi agar tidak menimbulkan persoalan di kemudian hari.

Dirinya mencontohkan, di beberapa daerah ketikaa direncanakan untuk pembangunan suatu obyek misalnya bandara atau pelabuhan, lahan menjadi persoalan. Untuk itu, dia berharap pembangunan Bandara Adonara itu perlu dibicarakan lagi dengan melihat urgensinya untuk kepentingana masyarakat.

"Saya lebih melihat pada urgensinya karena di kawasan itu sudah ada dua bandara yakni di Lewoleba dan Larantuka. Jangan sampai pembangunan Bandara di Adonara itu menjadi mubazir," kata Anwar.

Anggota DPRD NTT dari PKB, Yucun Lepa meminta masalah Bandara Adonara harus dibicarakan bersama pimpinan dewan dan pimpinan fraksi-fraksi.

Bahwa saat ini sudah ada anggaran untuk survei yang sudah dialokasikan dalam APBD tentu tidak bisa dibatalkan karena proses survei sedang berjalan.

Hal senada diutarakan Ketua Komisi IV, Alex Ena dan Wakil Ketua Komisi V, Kasmirus Kolo. Keduanya berharap agenda pembangunan Bandara Adonara ini perlu dibahas lagi.

Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved