Objek Wisata Danau Kelimutu

Marmi Kusuma Bentuk Desa Wisata

Meskipun berada dalam wilayah Kabupaten Ende, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ende tidak berwenang mengelola Danau Kelimutu.

Marmi Kusuma  Bentuk Desa Wisata
PK/ROM
Marmi Kusuma, Kadis Pariwisata Kabupaten Ende 

POS-KUPANG.COM, ENDE --- Meskipun berada dalam wilayah Kabupaten Ende, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ende tidak berwenang mengelola Danau Kelimutu. Karena kewenangan itu ada pada Balai Taman Nasional Kelimutu (TNK).

Meski demikian, itu bukan berarti bahwa pemerintah daerah tidak campur tangan terhadap obyek wisata Danau Kelimutu.

Sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah, Dinas Pariwisata Kabupaten Ende telah melakukan berbagai upaya intervensi terhadap desa-desa yang merupakan kawasan penyangga Danau Kelimutu. Bentuk konkritnya membentuk desa wisata.

Tercatat ada enam desa wisata yang sudah terbentuk, yaitu Desa Pemo, Desa Waturaka, Desa Koanara, Desa Woloara, Desa Nuamuri dan Desa Nduaria.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ende, Marmi Kusuma, mengatakan, terbentuknya desa wisata, maka warga setempat diberikan pelatihan guna mendukung perekonomian dan pariwisata di sana.

Seperti pelatihan membuat berbagai aneka kerajinan tangan berupa sarung atau selendang yang bisa dijual kepada wisatawan di lokasi danau Kelimutu. Atau membuat cenderamata, pelatihan guide dan manajemen home stay.

Belum lama ini, pemerintah memperbaiki home stay milik pemerintah daerah yang ada di sana. Home stay sebanyak 14 unit itu berada di pinggir ruas jalan negara Ende- Maumere.

"Semua sudah rusak dan tahun ini kami hanya memperbaiki tiga unit," kata Marmi.

Menurut dia, keunggulan Danau Kelimutu bukan hanya terletak pada keindahan danau tiga warna saja, namun keunggulan lainnya di kawasan Danau Kelimutu itu terdapat keragaman geologi. Promosi terus dilakukan melalui media massa, melalui liflet dan brosur.

Promosi itu dilakukan dalam wilayah Kabupaten Ende dan keluar daerah, terutama ketika ada kegiatan pemerintah di luar wilayah Kabupaten Ende.

Editor: omdsmy_novemy_leo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved