PM Abe Merasa Bangga dengan Semangat Bangsa Asia-Afrika

Selain itu, Indonesia telah memberikan kesan yang mendalam bagi PM Abe, kata Taniguchi.

PM Abe Merasa Bangga dengan Semangat Bangsa Asia-Afrika
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Sejumlah seniman dari Komunitas Historia Indonesia melakukan aksi teatrikal Konferensi Asia Afrika 1955 di Terminal 2D, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (20/4/2015). Bandara Soekarno Hatta menyelenggarakan acara teatrikal selama perhelatan KAA berlangsung untuk menyambut para petinggi negara tetangga yang menjadi peserta konferensi tingkat tinggi tersebut. 

POS KUPANG.COM, JAKARTA - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe bangga dengan semangat persatuan bangsa-bangsa Asia-Afrika dalam menggelar Konferensi Asia-Afrika, sehingga berkenan hadir ke acara peringatan 60 Tahun KAA di yang digelar di Jakarta-Bandung.

"Konferensi Asia-Afrika merupakan konferensi pertama yang digelar sendiri oleh bangsa-bangsa Asia-Afrika. Perdana Menteri Abe sangat bangga akan hal tersebut. Tidak terbayang berapa logistik yang dilibatkan dalam konferensi pertama untuk menarik para pemimpin dunia saat itu. Oleh karena itu, PM Abe sangat ingin datang ke peringatan 60 tahun KAA kali ini," kata Penasihat Khusus Kabinet Shinzo Abe, Tomohiko Taniguchi dalam sesi briefing di Jakarta, Rabu.

Selain itu, Indonesia telah memberikan kesan yang mendalam bagi PM Abe, kata Taniguchi.

Kala itu ada beberapa mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Jepang. Kemudian, ketika Jepang terkena tsunami pada 2011, mereka turun ke lapangan untuk menghibur para korban tsunami Jepang.

"Dua bulan setelah tsunami terjadi, para siswa tersebut menghibur penduduk Jepang korban tsunami dengan salah satunya menyanyikan lagu O Cherry Blossom," ucap Taniguchi.

"Abe sangat terkesan dengan apa yang dilakukan mahasiswa Indonesia itu untuk menghibur warga kami," ujar Taniguchi.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe tiba di Balai Sidang Jakarta (JCC) untuk menghadiri pertemuan tingkat tinggi Konferensi Asia Afrika ke-60 pada Rabu, pukul 08.45 WIB dan disambut oleh Presiden Joko Widodo.

Perdana Menteri Shinzo Abe tiba di Jakarta pada Selasa malam dengan menggunakan jet pribadi.

Menurut rencana, PM Abe juga melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo untuk menindaklanjuti berbagai kerja sama yang telah disepakati dalam kunjungan Presiden Jokowi ke Jepang akhir Maret lalu.

Wakil Sekretaris Kabinet untuk Hubungan Publik sekaligus Direktur Komunikasi Global untuk Perdana Menteri Jepang, Kenko Sone mengatakan Abe tidak akan mengikuti napak tilas KAA 1955 di Bandung, karena harus menghadiri pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada 28 April.

Halaman
12
Editor: Putra
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help