Paskah di NTT 2015

Harus Saling Melayani

Pembasuhan kaki para murid,memberikan contoh konkret dalam kehidupan manusia, seperti keberadaan seorang pembantu dalam rumah tangga dan sekretaris

Harus Saling Melayani
POS KUPANG/YENI RAHMAWATI TOHRI
BASUH KAKI -- Prosesi pembasuhan kaki, dilakukan oleh Romo Kanisius Ati, pada misa Kamis Putih, di Gereja Katedral Kristus Raja Kupang, Kamis (2/4/2015). 

POS-KUPANG.COM, KUPANG --- Pembasuhan kaki para murid, memberikan contoh konkret dalam kehidupan manusia, seperti keberadaan seorang pembantu dalam rumah tangga dan sekretaris bagi pejabat di perkantoran.

Di mata masyarakat, pembantu atau sekretaris tidak sederajat dengan pemilik rumah atau atasannya. Namun, Yesus memberikan contoh untuk saling melayani.

Demikian disampaikan, RD. Kanisius Ati, ketika memberikan khotbah, pada Misa Kamis Putih, di Gereja Katedral Kristus Raja Kupang, Kamis (2/4/2015).

Tindakan simbolis pembasuhan kaki para murid, lanjutnya, yang dilakukan oleh Yesus harus senantiasa dilakukan semua murid, termasuk pengikut Kritus sekarang ini.

"Seseorang hanya dapat melayani jika ia menanggalkan status dan jabatannya. Yesus adalah Anak Allah, tetapi merendahkan diri dengan bersedia membasuh kaki para murid-Nya. Tindakan Yesus adalah tindakan yang dilandasi dengan pengorbanan diri. Jika seseorang tidak mampu menanggalkan statusnya dan selama kesombongan tetap ada dalam diri seseorang maka ia tidak dapat melayani dengan tuntas," tegasnya.

"Anda dan saya memang bukan seorang hamba. Tetapi dengan melayani seperti seorang hamba maka betapa indahnya cinta ini. Yang menjadi pertanyaannya, sudahkah kita berbuat baik untuk orang lain," tuturnya.

Di Gereja Paroki St. Yoseph Pekerja Penfui, misa Kamis Putih dan Jumat Agung dirayakan dengan khusuk. Misa yang dipimpin RD. Kornelis Usboko berlangsung lancar dan dijaga aparat kepolisian serta petugas keamanan gereja. Pada Jumat Agung, sebelum misa, didahului doa jalan salib yang dipusatkan di lapangan sekolah SMAK Sint Karolus, Penfui.

Editor: omdsmy_novemy_leo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved