Siswa Di Flotim Siap Ikut UN

Walau kelulusan siswa menjadi otonomi sekolah, namun Gong Belajar yang sudah dicanangkan tahun-tahun sebelumnya terus digiatkan agar siswa lebih siap.

Laporan Wartawati Pos Kupang.Com,Syarifah Sifah

LARANTUKA, POS KUPANG.COM--Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO) Kabupaten Flores Timur (Flotim), Bernadus Beda Keda meminta sekolah dan semua komponen masyarakat, mempersiapkan siswa menghadapi Ujian Sekolah (US) dan Ujian Nasional (UN) walaupun format kelulusan 100 persen ditentukan sekolah.

"Meski pemerintah melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) telah memastikan adanya perubahan format kelulusan sekolah tahun 2015, dimana kelulusan 100 persen akan ditentukan oleh sekolah, namun sekolah, orangtua siswa, siswa dan komponen masyarakat lainnya tetap mempersiapkan siswanya untuk menghadapi US dan UN dengan matang," pinta Beda Keda di Larantuka, Selasa (10/3/2015).

Dia mengatakan, setelah tamat SMA anak-anak akan mengikuti tes di perguruan tinggi sehingga nilai UN harus baik. Beda Keda menyebutkan, jumlah siswa secara keseluruhan di Flotim yang akan mengikuti US dan UN tahun 2015 dari SD-SMA sebanyak 12. 509 dengan rincian, SD/MI laki-laki 3.009, perempuan 2.976 dan paket A, laki-laki 4 orang dan perempuan 6 orang sehingga secara keseluruhan 5.991 orang.

Untuk siswa SMP/MTs laki-laki 2.136 orang, perempuan 2.342 orang, paket B laki-laki 70 orang, perempuan 37 orang total 4.583 orang. Sedangkan siswa SMA/MA/SMK laki-laki 908 orang, perempuan 1.027 orang, sementara paket C laki-laki 132 orang, perempuan 111 orang sehingga secara keseluruhan 1.935 orang.

Beda Keda menegaskan, walau kelulusan siswa menjadi otonomi sekolah, namun Gong Belajar yang sudah dicanangkan tahun-tahun sebelumnya terus digiatkan agar siswa lebih siap menghadapi US dan UN.

Saat ini, kata Beda Keda, pihaknya sudah mempersiapkan guru-guru yang diutus K3S untuk menyusun soal US. Sedangkan soal UN tetap dari pusat. "Pengawasan siswa di sekolah-sekolah tidak lagi dari perguruan tinggi, namun pengawasan silang dari sekolah-sekolah," ujar Beda Keda.

Penulis: PosKupang
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help