Asian Games 2018

Delegasi OCA Tinjau Kesiapan Gelora Bung Karno

Ketua KOI Rita Subowo terlihat memberi penjelasan kepada delegasi yang jumlahnya lebih dari 10

Delegasi OCA Tinjau Kesiapan Gelora Bung Karno
KOMPAS.COM
Suasana di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, saat May Day (Hari Buruh) 2014, direkam dari udara menggunakan drone. 

POS KUPANG.COM - Delegasi dari federasi olahraga Asia atau OCA meninjau langsung kesiapan Gelora Bung Karno, Jakarta yang akan menjadi salah satu lokasi pertandingan Asian Games 2018.

Dipimpin oleh Tzunekazu Takeda, delegasi OCA setibanya di kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin, langsung menuju VIP Barat dan melihat dari dekat Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Beberapa delegasi terlihat sibuk memfoto kondisi stadion terbesar di Indonesia itu.

Ketua KOI Rita Subowo terlihat memberi penjelasan kepada delegasi yang jumlahnya lebih dari 10 orang itu. Kemungkinan besar, stadion dengan kapasitas lebih dari 80 ribu penonton akan menjadi lokasi pembukaan kejuaraan empat tahunan itu.

Setelah meninjau SUGK, rombongan delegasi OCA meninjau Istora Senayan. Selama ini gedung yang berada di Plaza Timur digunakan untuk pertandingan beberapa cabang olahraga seperti bola voli, futsal hingga kejuaraan bela diri.

Lapangan tennis outdoor dan indoor menjadi tujuan berikutnya. Delegasi bahkan melihat dengan detail kondisi lapangan. Pihak KOI juga terus memberikan masukan kepada delegasi OCA. Setelah itu, rombongan langsung menuju kolam renang.

"Setelah peninjauan ini kami akan mengirimkan surat ke induk organisasi internasional masing-masing cabang olahraga. Kami ingin meminta spesifikasi detail untuk lokasi pertandingan," kata Ketua KOI Rita Subowo di sela kunjungan delegasi OCA.

Menurut dia, semua lokasi pertandingan yang akan digunakan untuk Asian Games 2018 dipastikan akan direnovasi. Hanya saja, renovasi baru akan dilakukan setelah perwakilan dari induk organisasi internasional masing-masing cabang olahraga memberikan masukan.

"Semua lokasi pertandingan direnovasi. Meski lokasi itu baru belum tentu sesuai dengan standart internasional. Makanya harus dikoordinasikan dulu," katanya menambahkan.

Renovasi lokasi pertandingan tidak hanya dilakukan di Jakarta melainkan disemua daerah yang akan dijadikan lokasi pertandingan Asian Games 2018 baik di kompleks Jaka Baring Sport City Palembang maupun di Jawa Barat.

Khusus untuk pembangunan lokasi pertandingan baru, Rito Subowo menjelaskan hanya ada dua saja yaitu kolam renang dan velodrom yang akan digunakan untuk pertandingan balap sepeda. Kedua lokasi pertandingan itu akan dibangun di Jakarta.

Selain meninjau lokasi pertandingan yang berada di kompleks Gelora Bung Karno Jakarta, delegasi OCA yang didampingi oleh KOI dan wakil pemerintah itu juga meninjau Jiexpo Kemayoran serta lokasi pertandingan di Serpong, Tangerang. (antara)

Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved