Tamu Kita

I Ketut Gede Ardana: Cari, Temukan dan Beri Pertolongan

Kepala Kantor Basarnas Kelas B Kupang, I Ketut Gede Ardana, SE, senantiasa berupaya memaksimalkan segala potensi SAR di wilayah NTT.

I Ketut Gede Ardana: Cari, Temukan dan Beri Pertolongan - I_Ketut_Gede_Ardana.jpg
ist
I Ketut Gede Ardana
I Ketut Gede Ardana: Cari, Temukan dan Beri Pertolongan - SAR_NTT_(2).JPG
ist
BASARNAS NTT--Kepala Kantor SAR NTT, I Ketut Gede Ardana, S.E bersama segenap anggota SAR NTT di depan Kantor SAR NTT.

POS-KUPANG.COM, KUPANG --- Selama dua tahun memimpin Kantor Badan Search And Rescue (SAR) Nasional Kelas B Kupang, I Ketut Gede Ardana, SE, senantiasa berupaya memaksimalkan segala potensi SDM dan peralatan penunjang operasi SAR di Kantor SAR NTT di Kupang, Pos SAR Maumere di Sikka, Pos SAR Labuan Bajo di Manggarai Barat dan Pos SAR Waingapu di Sumba Timur.

Mulai dari bagaimana mendisplinkan staf hingga rutin melakukan berbagai pelatihan fisik dan non fisik. Semua itu dilakukan demi meningkatkan optimalisasi. Dalam setiap operasi SAR, Ardana selalu turun ke lapangan membantu tim SAR-nya, sekaligus bertemu masyarakat dan keluarga korban.

Apa saja dan bagaimana kerja dari tim SAR, bagaimana peralatan yang dimiliki dan apa suka duka yang dialaminya? Semua diceritakannya dalam wawancara eksklusif dengan wartawan Pos Kupang, OMDSMY Novemy Leo, Rabu (14/1/2015) pagi di Kantor SAR NTT.

Hingga kini banyak masyarakat yang belum tahu tentang Badan SAR Nasional. Bisa Anda jelaskan?

SAR adalah singkatan dari Search And Rescue atau pencarian dan pertolongan. Badan SAR Nasional (Basarnas) yakni Lembaga Pemerintah Non Kementerian Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pencarian dan pertolongan (Search And Rescue/SAR). Basarnas mempunyai tugas pokok melaksanakan pembinaan, pengkoordinasian, dan pengendalian potensi SAR dalam kegiatan SAR terhadap orang dan material yang hilang atau dikhawatirkan hilang atau menghadapi bahaya dalam pelayaran dan/atau penerbangan.

Juga memberikan bantuan dalam bencana dan musibah lainnya sesuai dengan peraturan SAR nasional dan internasional. Secara jelas tugas dan fungsi SAR adalah penanganan musibah pelayaran dan/atau penerbangan, dan/atau bencana dan/atau musibah lainnya dalam upaya pencarian dan pertolongan saat terjadinya musibah. Penanganan terhadap musibah yang dimaksud meliputi dua hal pokok yaitu pencarian (search) dan pertolongan (rescue).

Basarnas Kelas B Kupang memiliki tugas melaksanakan tindak awal operasi SAR, berkordinasi dan mengerahkan potensi SAR di seluruh wilayah tanggung jawab Kantor SAR Kupang. Dalam rangka mengantisipasi terhadap musibah penerbangan pelayaraan, bencana dan musibah lainnya; membantu penanggulangan kecelakaan transportasi di daereh di wilayah kerja Kantor SAR Kupang serta mempersiapkan dan mengendalikan potensi SAR di wilayah NTT untuk penanganan musibah.

Dengan adanya anomali cuaca yang terjadi saat ini bagaimana antisipasi yang dilakukan Kantor SAR NTT?

Musim pancaroba yang masih terjadi hingga saat ini disertai kondisi cuaca berupa angin musim barat yang kuat/kencang dapat meningkatkan potensi terjadinya musibah/kecelakaan yang berpotensi menimbulkan kerusakan lingkungan dan mengancam kehidupan dan penghidupan masyarakat di NTT.

Dan, untuk menanggulangi akibat dari kerusakan ataupun ancaman yang mungkin terjadi itu, kami selalu melakukan antisipasi dini berupa peningkatan kesiapsiagaan SAR baik personel dan peralatan di beberapa lokasi yang diperkirakan rawan terhadap musibah/kecelakaan itu. Kami terus meningkatkan kewaspadaan fenomena alam di NTT.

Halaman
1234
Penulis: omdsmy_novemy_leo
Editor: omdsmy_novemy_leo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved