Kabinet Jokowi JK

Ibas Bandingkan Seleksi Menteri Jokowi dengan Era Presiden SBY

bas sedikit menjelaskan mengenai proses seleksi menteri dalam pemerintahan SBY.

Ibas Bandingkan Seleksi Menteri Jokowi dengan Era Presiden SBY
tribunnewa
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) jadi Jurkam Kampanye Partai Demokrat di Lapangan Stadion Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (5/4/2014). 

POS KUPANG.COM, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Edhie Baskoro (Ibas), menanggapi perbedaan proses seleksi calon menteri yang dilakukan Presiden Joko Widodo, dan Presiden RI ke-enam Susilo Bambang Yudhoyono. Ibas mengakui adanya perbedaan dalam proses seleksi calon menteri Jokowi dan SBY. Namun, menurut Ibas, perbedaan tersebut tidak menentukan aturan mana yang lebih baik.

"Ya kalau kita banding-bandingkan, pasti ada perbedaan dari pemimpin ke pemimpin lain. Tapi kita lihat saja hasil kerjanya ke depan," ujar Ibas, saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Selasa (28/10/2014).

Ibas sedikit menjelaskan mengenai proses seleksi menteri dalam pemerintahan SBY. Menurut Ibas, SBY memiliki proses seleksi yang transparan dalam mengambil para menteri.

Perbedaan yang dimaksud Ibas yakni, adanya proses uji kelayakan dan uji kesehatan. Uji kesehatan, salah satunya mengenai tes psikologi calon menteri. Sedangkan Jokowi, kata Ibas, memiliki proses yang berbeda.

Seperti diketahui, Jokowi tidak melakukan tes kesehatan kepada tiap calon menteri, seperti yang dilakukan SBY. Jokowi lebih berfokus untuk mendapatkan anggota kabinet yang benar-benar bersih dari praktek korupsi.

Cara yang dilakukan Jokowi, misalnya dengan menyerahkan nama-nama calon menteri kepada KPK dan PPATK. Penyerahan nama-nama tersebut, bertujuan agar rekam jejak calon menteri dapat diketahui secara pasti.

"Oleh karena itu, kita tidak bisa mengukur satu sama lain. Kami berharap, apa yang sudah dijanjikan, ini benar-benar terjadi," kata Ibas.

Editor: Putra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved