Bolabasket

Tim Basket Amerika Serikat Juara Dunia di Madrid

Bukan hanya menjadi juara dunia , pemain AS Kyrie Irving juga keluar sebagai pemain

Tim  Basket Amerika Serikat Juara Dunia di Madrid
NBA

POS KUPANG.COM, MADRID — Tanpa Kobe Bryant, LeBron James, ataupun Kevin Durant, bukan berarti para pemain NBA dalam skuad Amerika Serikat tidak mampu membawa negaranya menjuarai Piala Dunia.

AS keluar sebagai juara dunia untuk ketiga kalinya secara berturut-turut setelah di final mampu mencundangi Serbia 129-92, Minggu (Senin 15/9/2014 WIB). Keberhasilan ini sekaligus menepis keraguan akan skuad yang diperkuat para pemain muda NBA.

"Kami merasa terhina setelah dikatakan tim AS yang berangkat ke kejuaraan dunia adalah tim B," kata pemain forward, Kenneth Faried. "Hanya karena tidak ada LeBron (James), tidak ada Kobe (Bryant) dan (Kevin) Durant, bukan berarti kami tidak mampu. Kami mampu terus melangkah dan merebut gelar juara," lanjut Faried.

Bukan hanya menjadi juara dunia , pemain AS Kyrie Irving juga keluar sebagai pemain terbaik Piala Dunia yang berlangsung di Madrid, Spanyol, ini. Di pertandingan final menghadapi Serbia, Irving melesakkan 26 poin, diikuti James Harden dengan 32 poin.

Tim AS yang dipimpin pelatih Mike Krzyzewski ini memang tampil dominan selama Piala Dunia. Mereka selalu menang dengan selisih poin jauh sejak babak penyisihan. Kemenangan tertipis yang mereka raih adalah selisih 21 poin saat menghadapi Turki.

Pelatih Krzyzewski menganggap para pemain bermain luar biasa untuk mendominasi Piala Dunia kali ini. "Kami menghadapi pertandingan-pertandingan yang berat dan tiba-tiba para pemain bisa tampil begitu dominan," kata  Krzyzewski.

Tim AS yang tampil di Piala Dunia di Spanyol ini memang merupakan tim tanpa pemain bintang NBA. Sebelumnya, tim ini beranggotakan Kevin Durant, Kevin Love, dan Blake Griffin sebelum ketiganya mendadak mundur dengan alasan kelelahan. Pemain paling senior adalah Derrick Rose yang memanfaatkan ajang ini untuk uji coba setelah absen setahun karena cedera.

Ini merupakan tim dengan rata-rata pemain termuda sejak pemain NBA diizinkan bermain sejak 1992. Mereka mencatat prestasi gemilang dengan memenangi 63 pertandingan—45 pertandingan resmi FIBA dan 18 ekshibisi—dan secara otomatis lolos ke Olimpiade Rio de Janeiro pada 2016.

Ini juga merupakan gelar juara dunia kelima buat AS yang memiliki pretasi setara dengan bekas negara Yugoslavia.

Editor: Putra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help