Kabinet Jokowi JK

Jokowi Akan Hapus Semua Wakil Menteri, Kecuali Kemenlu

Sementara Wamenlu akan berada di dalam negeri untuk memastikan implementasi dari

Jokowi Akan Hapus Semua Wakil Menteri, Kecuali Kemenlu
KRISTIANTO PURNOMO
Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo - Jusuf Kalla memberikan keterangan pers di rumah dinas gubernur DKI Jakarta, Kamis (21/8/2014) malam. Joko Widodo - Jusuf Kalla mengapresiasi keputusan Mahkamah Konstitusi yang menolak seluruh gugatan pasangan Prabowo Subianto - Hatta Rajasa dalam sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU). KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO 

POS KUPANG.COM, JAKARTA - Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla mendatang akan menghapuskan seluruh posisi wakil menteri kecuali wakil menteri di Kementerian Luar Negeri. Dengan penghapusan posisi wakil menteri ini, diharapkan ada potensi penghematan anggaran dalam menggaji pejabat negara.

Di pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat ini, terdapat 20 Wakil Menteri di Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II. “Yang diusulkan tetap ada hanya wakil menteri luar negeri, hanya satu itu,” kata Deputi Kantor Transisi Jokowi-JK Andi Widjajanto, di Kantor Transisi, Jakarta Pusat, Kamis (11/9/2014) sore.

Andi mengatakan, wakil menteri di Kemenlu tetap dipertahankan karena Menlu tidak bisa bekerja sendirian. Menlu nantinya akan melakukan pertemuan-pertemuan internasional dengan berbagai negara.

Sementara Wamenlu akan berada di dalam negeri untuk memastikan implementasi dari pertemuan itu berjalan dengan baik.

“Ini untuk mempertimbangkan karakter kerja dari Menlu yang sebagian besar waktunya akan diisi oleh pertemuan- pertemuan bilateral dan multilateral. Misalnya untuk ASEAN saja, itu jumlah pertemuannya sudah melebihi jumlah hari dalam satu tahun,” ucap Andi.

Sementara untuk menteri lainnya, kata Andi, cukup dibantu oleh Sekretaris Jendral dan Direktur Jendral di kementeriannya masing-masing.

Editor: Putra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved