Tenunan Indah NTT Jadi Sumber Ekonomi

Tenunan ikat NTT, bila diberikan sentuhan keterampilan yang indah, maka bisa menjadi sumber ekonomi bagi ibu-ibu yang bergelit di bidangnya.

Tenunan Indah NTT Jadi Sumber Ekonomi
POS KUPANG/YENI RAHMAWATI TOHRI
Inilah peserta lomba desain seragam kerja berbahan dasar tenun NTT dari PKK Kabupaten Ende, di Aula Rumah Jabatan Gubernur, Jumat (8/8/2014) 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Yeni Rahmawati

POS KUANG.COM, KUPANG -- "Tenunan ikat NTT, bila diberikan sentuhan keterampilan yang indah, maka bisa menjadi sumber ekonomi bagi ibu-ibu yang bergelit di bidangnya."

Demikian disampaikan oleh salah satu peserta Lomba Desain Seragam Kerja Berbahan Dasar Tenun NTT dari Kabupaten Ende, Fransiska Rona, ketika ditemui Pos Kupang, usai penyuluhan desain seragam, di Aula Rumah Jabatan, Kamis (8/8/2014)sore.

Fransiska menyampaikan, desain yang dipilih dengan model simetris. Garis yang dibutuhkan untuk menambahkan motif-motif dari bahu sampai pinggang.

"Pemerintah kita, hendak melestarikan budaya dengan tenun ikat daerah. Maka dari itu dalam program PKK Kopja III yaitu sandang. Kita sebagai ibu-ibu harus mau dan bisa  melestarikan tenunan ikat kita. Tenunan bukan saja digunakan untuk busana, melainkan bila kita kreatif dan inovatif bisa melahirkan hal-hal baru dengan berbahan dasar tenun NTT ini, seperti souvenir- souvenir, taplak meja, tutupan gelas, tempat tisu, tas dan lainnya. Kita semua harus berkembang dan mempromosikan tenun NTT. Tenunan yang indah dipandang, menjadi sumber ekonomi dan akan menambah pendapatan," jelasnya.

Motif yang ditampilkan peserta dari Kabupaten Ende ini, namanua wisuwutu. Motif tenun NTT dipadukan dengan model desain berlengan tulip, bersaku dan rok span. Seragam kerja ini mengenakan tenunan berukuran 3, 5 meter dan bagian kombinasi setengah meter. Sebelumnya, Ny. Fransiska telah menjuarai lomba desain seragam berbahan dasar tenun NTT tingkat kecamatan.

Peserta PKK asal Ende ini, tampil bersama mode Patricia Diana Mbenggu yang mengenakan seragam berbahan dasar Tenun NTT dari Ende. Dengan penuh percaya diri, melangkah anggun Patricia berjalan di atas panggung sambil memperlihatkan seragam yang ia kenakan.

"Mudah-mudahan dalam Jambore kali ini, desainnya juga bisa meraih juara," harapnya.*

Editor: alfred_dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help