MotoGP

Tetap Tenang, Kunci Kemenangan Marquez di Assen

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez membeberkan kunci keberhasilannya memenangi GP Belanda di Sirkuit Assen, Sabtu (28/6/2014).

Tetap Tenang, Kunci Kemenangan Marquez di Assen
MOTOGP.COM
Pebalap Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez, merayakan kemenangannya pada GP Belanda di Sirkuit Assen, Minggu (28/6/2014). 

POS KUPANG.COM, ASSEN -- Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez membeberkan kunci keberhasilannya memenangi GP Belanda di Sirkuit Assen, Sabtu (28/6/2014). Tetap tenang, itulah yang mengantar Marquez mencatat kemenangan kedelapannya musim ini.

"Balapan sangat sulit karena kondisi (lintasan) dan cukup berbahaya, tetapi tim saya sangat pintar dan saya tetap tenang dan bisa konsentrasi pada bagaimana saya membalap," terang Juara Dunia 2013 tersebut.

Marquez memulai balapan dari posisi start kedua. Sempat terlewati Andrea Dovizioso, dia berhasil mengambil posisi pertama sebelum putaran pertama berakhir. Dia terus menjauh hingga selisih lebih dari enam detik.

Marquez terlewati Dovizioso setelah melakukan kesalahan dan melebar pada lap pertama memakai ban kering. Para pebalap, termasuk Marquez, memakai ban basah saat memulai balapan. Marquez berganti ban kering setelah menyelesaikan putaran keenam.

"Tentu saja ini adalah balapan yang sulit karena ban balakang dan ketika lintasan mulai mengering saya mereasa lebih baik, dan kecepatan saya juga bagus. Saya berusaha keras mengejar Dovi dan akhirnya melewatinya," terang pebalap 21 tahun tersebut.

Sebelum start balapan yang sempat ditunda karena hujan, para pebalap mendapat kesempatan dua kali sighting lap untuk menguji ban dan lintasan. Berbeda dengan beberapa pebalap lain yang mencoba dua ban berbeda dengan dua kali melakukan lputaran, Marquez memilih hanya sekali melakukan putaran. Rekan satu timnya, Dani Pedrosa, melakukan dua putaran tetapi tidak mencoba ban kering.

"Saya tidak perlu melakukan putaran lagi karena tidak ada untungnya buat saya. Saya lebih berhati-hati karena saya tahu rival-rival terkuat saya semakin dekat," aku Marquez yang kini menyamai rekor Giacomo Agostini, mencatat delapan kemenangan beruntun di kelas premier.

Marquez dan para pebalap lain akan kembali bersaing di Sirkuit Sachsenring, Jerman, dua pekan depan.(Crash/Kompas.com)

Editor: Alfred Dama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved