Liga Champions

Meski Kalah dari Dortmund, Madrid Tetap ke Semifinal

Real Madrid menyerah 0-2 kepada Borussia Dortmund pada leg kedua perempat final Liga Champions, di Signal Iduna Park

Meski Kalah dari Dortmund, Madrid Tetap ke Semifinal
AFP/ODD ANDERSEN
Gelandang Borussia Dortmund Marco Reus merayakan salah satu dari dua golnya ke gawang Real Madrid, pada leg kedua perempat final Liga Champions, di Signal Iduna Park, Selasa (8/4/2014). 

POS KUPANG.COM, DORTMUND -- Real Madrid menyerah 0-2 kepada Borussia Dortmund pada leg kedua perempat final Liga Champions, di Signal Iduna Park, Selasa (8/4/2014). Meski begitu, mereka tetap berhak melaju ke semifinal karena menang 3-0 pada leg pertama.

Gol pertama Dortmund diciptakan Marco Reus pada menit ke-24. Setelah memotong umpan balik Pepe, Reus mengecoh Iker Casillas dan kemudian menembakkan bola ke tengah gawang dengan tendangan kaki kanan dari tengah kotak penalti.

Reus kembali masuk daftar pencetak gol pada menit ke-37. Ia menaklukkan Iker Casillas dengan tendangan kaki kanan dari tengah kotak penalti, memanfaatkan bola hasil tendangan Robert Lewandowski, yang membentur tiang kiri gawang Madrid.

Madrid sendiri punya peluang untuk unggul lebih dulu karena mendapatkan penalti pada menit ke-17 setelah Lukasz Piszczek melakukan handsball. Angel Di Maria yang dipercaya melakukan eksekusi menembakkan bola ke sudut kiri bawah gawang, tetapi Roman Weidenfeller mampu menepis tembakan itu.

Penyelamatan Weidenfeller mengubah jalannya pertandingan. Dortmund tampak bermain lebih bersemangat dan agresif. Mereka bekerja keras mematahkan serangan-serangan Madrid dan setelahnya mengalirkan serangan dengan cepat, yang tak jarang membuahkan tembakan-tembakan terukur.

Tekanan Dortmund tak hanya menyulitkan Madrid mengembangkan permainan, tetapi juga merusak koordinasi permainan di semua lini, terutama lini belakang. Dortmund pun berhasil membuat Madrid melakukan kesalahan, yang berujung gol-gol dari Reus.

Madrid mengambil inisiatif menyerang pada babak kedua dan menciptakan peluang beruntun, melalui Gareth Bale dan Angel Di Maria pada menit ke-49. Sementara tembakan Bale diantisipasi Weidenfeller, tembakan Di Maria meleset.

Dortmund kemudian mencoba keluar dari tekanan. Setelah beberapa kali terlibat perebutan bola dan bertukar serangan, Dortmund bisa menguasai keadaan selepas menit ke-65.

Melalui Henrikh Mkhitaryan dan Kevin Grosskreutz, Dortmund menciptakan sejumlah peluang. Namun, Iker Casillas bisa mengantisipasi ancaman-ancaman itu.

Memasuki menit ke-80, Madrid merebut kendali permainan, tetapi masih kesulitan menciptakan peluang. Hingga peluit berbunyi panjang, Madrid menciptakan dua peluang melalui Benzema dan Bale. Sementara tembakan Benzema meleset, tembakan Bale diantisipasi Weidenfeller.

Halaman
12
Editor: Alfred Dama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved