• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Pos Kupang

Capres Sewa Pesawat Hingga Rp 1,6 Miliar

Rabu, 19 Maret 2014 16:34 WITA
Capres Sewa Pesawat Hingga Rp 1,6 Miliar
KOMPAS.com/Indra Akuntono
Pesawat yang disewa PDI Perjuangan dan dipasangi label 

POS KUPANG.COM, JAKARTA -- Perusahaan penyewaan pesawat mulai menerima sejumlah order dari pimpinan partai politik (parpol) maupun calon presiden (capres). Salah seorang capres bahkan disebut-sebut menyewa pesawat khusus seharga Rp 1,6 miliar untuk keperluan kampanye.

Denon Prawiraatmadja, Presiden Direktur PT Whitesky Aviation, yang merangkap sebagai Ketua Air Charter Indonesia National Air Carriers Association (INACA) mengatakan, salah satu capres menyewa jet pribadi dengan tarif tertinggi, 14.000 dolar AS/ jam.

Lalu dia menyewa pesawat itu selama tiga hari dan menggunakannya selama 4 jam setiap harinya. Dengan demikian, sang capres harus mengeluarkan kocek untuk sewa jet pribadi sebesar 168.000 dolar AS. Jika kurs satu dolar Rp 10.000 saja, maka biaya sewa pesawat itu mencapai Rp 1,68 miliar.

"Biasanya pemilihan awak pesawat itu tergantung tujuan. Jika hanya sebatas wilayah di dalam pulau, maka mereka pilih helikopter. Tapi untuk keluar pulau mereka pilih jet. Mereka pakai jet untuk kampanye ke wilayah Timur Indonesia," katanya.

Namun, menurut Denon, para capres sekarang sangat berhati-hati dalam memilih pesawat untuk kampanye. Dia menduga, karena dana kampanye saat ini cukup ketat pengawasanya.

"Jadi, sekarang mereka seperti lebih berpikir dua kali dan hati-hati jika ingin menggunakan pesawat jet carteran untuk kampanye karena dana kampanye harus dilaporkan ke KPU," katanya.

Tapi, ia tetap melihat peluang dalam penyewaan pesawat masih terbuka lebar. Ketika ditanya identitas siapa capres yang menyewa pesawat, Denon tidak bersedia menyebutkan namanya. "Janganlah, nggak enak," katanya.

Menurut Denon, untuk menyewa pesawat untuk kampanye, biasanya para capres melakukan booking seminggu sebelumnya. Untuk tarifnya sendiri, jet pribadi dikenakan sebesar 6.000 dolar AS sampai 14.000 dolar AS per jam.

Tarif itu tergantung kapasitas, antara 8 sampai 16 penumpang. Semakin besar kapasitas penumpang maka akan semakin mahal.

Lalu untuk pesawat Cesna 402 berkapasitas enam penumpang disewakan 1.750 dolar AS per jam. Helikopter 429 kapasitas 4 hingga 5 penumpang tarifnya 5.800 dolar AS per jam. Sedangkan helikopter 407 tarifnya 2.800 dolar AS. "Para Capres biasanya booking untuk selama tiga hari," katanya. (Wartakota/ Mohamad Yusuf)

Editor: alfred_dama
Sumber: Tribunnews
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas