Tahta Suci Pilih Pastor Paskalis Bruno OFM sebagai Uskup Bogor

Kamis, 21/11/2013, merupakan hari bersejarah buat Keuskupan Bogor.

Tahta Suci Pilih Pastor Paskalis Bruno OFM sebagai Uskup Bogor
indonesia.ucanews.com]#sthash.B28g3Dwe.dpuf
RP Paskalis Bruno Syukur OFM

POS KUPANG. COM -- Kamis, 21/11/2013, merupakan hari bersejarah buat Keuskupan Bogor. Pada hari itu Tahta Suci Vatikan telah secara resmi menunjuk RP Paskalis Bruno Syukur OFM sebagai Uskup baru untuk Dioses Bogor menggantikan Mgr. Cosmas Michael Angkur OFM yang telah disetujui permohonan pensiunnya pada hari itu juga, demikian kabar yang dilansir website Keuskupan Bogor www.keuskupanbogor.org.

Pastor Paskalis Bruno Syukur OFM adalah imam rohaniwan anggota Ordo Saudara Hina Dina Fransiskan (OFM) kelahiran Ranggu, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur pada 17 Mei 1962.

Pastor Paskalis masuk Ordo Fransiskan setelah menyelesaikan pendidikan SMP-SMA di Seminari Pius XII Kisol, Manggarai Timur. Studi filsafat ia jalani di Sekolah Tinggi Filsafat Driyakara, Jakarta pada tahun 1983-1987. Studi Teologi ia tempuh di Fakultas Teologi Wedhabakti, Kentungan, Yogyakarta. Dan pada 2 Februari 1991 ia ditahbiskan menjadi imam yang kemudian diutus bertugas di Paroki Moanemani, Keuskupan Jayapura hingga tahun 1993.

Pada tahun 1993-1996 Pastor Paskalis diutus oleh komunitasnya untuk melanjutkan studi Spiritualitas Fransiskan di Universitas Antonianum, Roma dan meraih gelar licensiat. Sepulang studi, kemudian ia ditunjuk menjadi magister para novis OFM di Novisiat Transitus Depok, Jawa Barat (1996-2001) sekaligus menjadi anggota dewan OFM Provinsi Indonesia.

Dalam Sidang Provinsi tahun 2001, Pastor Paskalis terpilih menjadi Provinsial OFM Indonesia. Sidang periode berikutnya pada tahun 2007, ia dipilih kembali namun hanya menjabat dua tahun karena diangkat menjadi Definitor General, yang mengharuskan dirinya pindah ke Roma.

Selama bertugas sebagai Definitor General OFM (jabatan di bawah pemimpin umum OFM) di Roma, ia membawahi sejumlah provinsi OFM di Asia dan Oceania, seperti India, Pakistan, Jepang, Australia-Selandia Baru dan Indonesia. (Keuskupanbogor/ucannews/hidupkatolik.com)

Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved