PosKupang/

Sikat Habis Buah Hingga Akarnya

PEPAYA atau dalam bahasa latin disebut carica papaya, merupakan jenis buah yang mudah tumbuh di daerah beriklim tropis.

Sikat Habis Buah Hingga Akarnya - jus_pepaya.jpg
istimewa
JUS PEPAYA
Sikat Habis Buah Hingga Akarnya - pohon_pepaya1.jpg
istimewa
Pohon Pepaya

POS-KUPANG.COM --- PEPAYA atau dalam bahasa latin disebut  carica papaya, merupakan jenis buah yang mudah tumbuh di daerah beriklim tropis. Buah ini mudah tumbuh tanpa harus dirawat, cukup dengan menyebar bijinya, pepaya akan tumbuh  tanpa perlu perawatan. Tapi jika tanaman pepaya itu dirawat dengan baik, maka kualitas buah yang dihasilkan lebih baik lagi.

Pepaya merupakan buah yang berbentuk bulat panjang, ada juga yang berbentuk bulat. Pohonnya tumbuh secara tegak dan tidak bercabang. Bunganya berwarna putih, bila belum matang kulit buahnya berwarna hijau dan dagingnya berwarna putih dengan biji kecil-kecil berwarna putih.

Apabila sudah matang, warna kulit buah berubah menjadi hijau kekuningan, biji berubah warna hitam dengan rasa yang pahit, daging buah berwarna merah dan oranye dengan tekstur yang lunak, serta rasanya yang segar dan manis.

Buah pepaya ini banyak juga tumbuh di wilayah NTT, termasuk di Kota Kupang.
Buah pepaya, daun pepaya, hingga bunga pepaya yang kaya akan vitamin, nutrisi dan zat gizi ini bisa diolah menjadi berbagai macam kuliner menarik.

Daging buah pepaya bisa dimakan langsung, bisa juga dijadikan salah satu bahan rujak, bahkan bisa dibuat jus pepaya. Sementara bunga dan daun pepaya bisa dibuat sayur dan bisa juga dicampur dengan bahan sayuran lain.

Karena itu, Anda tak akan sia-sia menanam pepaya di halaman rumah Anda. Karena dari daun, bunga, buah, biji, getah hingga akarnya, bisa Anda 'sikat habis' alias bisa diolah menjadi kuliner yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya?
Buah pepaya, merupakan salah satu sumber terkaya vitamin C, bahkan melebihi buah jeruk.

Pepaya juga kaya akan vitamin A, E, B, dan antioksidan, seperti karoten, zeaxanthin, dan flavonoid. Pepaya mengandung beberapa mineral penting seperti kalium, kalsium magnesium, besi kalori, magnesium, flavonoid dan serat.

Pepaya juga mengandung enzim proteolitik, papain dan chymopapain yang dapat memecah protein menjadi asam amino. Karenanya pepaya bisa digunakan untuk melunakkan daging.

Daun pepaya, bermanfaat sebagai obat cacing, batu ginjal, sakit perut pada waktu menstruasi, disentri, sembelit, malnutrisi pada balita, serta menghilangkan jerawat. Biji pepaya, memiliki manfaat di bidang kesehatan seperti obat sakit diare dan ubanan sebelum waktunya. Akar pepaya dapat dimanfaatkan untuk obat hipertensi dan gangguan saluran kencing.

Getah pepaya bermanfaat untuk mengobati telapak kaki yang pecah-pecah, penyakit kulit/panu, menghilangkan kutil, menghilangkan bercak merah akibat digigit serangga, dan mengeluarkan duri dalam daging.

Pepaya dan Wanita

CHRISTOPER Columbus menjuluki buah pepaya sebagai 'Fruit of the angels' atau buah para malaikat karena rasanya yang lezat dan khasiatnya yang luar biasa. Pepaya juga disebut 'Power fruit for women' alias buah yang sangat hebat untuk perempuan. Apa saja manfaat pepaya untuk wanita?

* Hapus kelebihan lemak. Enzim Papain pada buah pepaya yang masih muda dua kali lipat lebih banyak dibandingkan
pepaya yang sudah matang. Enzim tersebut berfungsi untuk menganalisis protein dalam tubuh, mendorong metabolisme tubuh yang sempurna dan dengan cepat akan menghapus kelebihan lemak.
* Buah pepaya muda tidak boleh dikonsumsi bagi ibu hamil, terutama pada masa- masa awal kehamilan.
* Segarkan kulit karena kandungan vitamin C pada pepaya dapat dengan cepat menghapus racun di dalam tubuh dan sangat bagus untuk menyegarkan kulit.
* Mengendalikan jerawat.
* Enzim pepaya juga mampu mendorong metabolisme kulit, sehingga kulit terlihat lebih cerah/ bersinar.
* Membantu pertumbuhan payudara.
* Hormon medium dan vitamin A yang terkandung dalam enzim pepaya, bisa merangsang hormon wanita untuk
  menghasilkan jumlah ASI yang lebih banyak bagi mereka yang sedang dalam masa menyusui.
* Mengontrol ketombe sekaligus merawat rambut.
* Membuat siklus menstruasi menjadi teratur, mencegah kram menstruasi dan menurunkan resiko terkena kanker serviks.

Manfaat Jus Pepaya
* Buah pepaya yang dijadikan minuman jus yang bermanfaat sebagai antioksidan, antikanker, memperlancar saluran pencernaan, dan membantu pemecahan serat makanan sehingga feses mudah dikeluarkan. Jus pepaya juga dapat membantu atau mempercepat proses pemulihan dari sakit dan menjaga stamina tubuh, termasuk menjaga kehalusan kulit. Hal ini terbukti dengan semakin maraknya salon-salon kecantikan yang memanfaatkan jus pepaya sebagai campuran lulur atau cream.
* Antioksidan pepaya dapat memerangi radikal bebas dalam tubuh dan dengan demikian bertanggung jawab untuk mempromosikan kesehatan sistem kardiovaskular dan memberikan perlindungan terhadap kanker usus besar.
* Mencegah penyakit jantung sebagai sumber antioksidan, pepaya membantu mencegah oksidasi kolesterol dalam hati sehingga mencegah penyakit jantung.
* Karena mengandung serat maka pepaya juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam hati.
* Asam folat yang ditemukan dalam pepaya mengubah zat-zat berbahaya yang dapat merusak dinding pembuluh darah dan menyebabkan serangan jantung.
* Memperkuat sistem kekebalan tubuh.
* Vitamin A dan vitamin B dalam pepaya berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah beberapa penyakit yang terjadi sebagai akibat menurunkan kekebalan, seperti pilek dan batuk, infeksi dan flu.
* Anti-inflamasi pepaya juga mengandung enzim papain dan enzim chymopapain yang peradangan lebih rendah dalam tubuh sehingga membantu dalam penyembuhan luka bakar dan luka.
* Mencegah kanker usus besar. Kandungan serat pada pepaya tidak memungkinkan sel-sel kanker dari mempengaruhi sel-sel usus besar yang sehat.
* Meningkatkan kesehatan paru Vitamin A yang hadir dalam buah pepaya, sangat bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki paru-paru yang lemah. Pepaya dapat mencegah penyakit bronkitis.
* Dapat mengobati luka, trauma, cedera olahraga dan alergi makanan karena enzim papain yang ada di dalamnya.
* Menghilangkan morning sickness dan mual pada wanita hamil.
* Obat penyakit cacingan.
* Melindungi rheumatoid arthritis.
* Membantu dalam kesehatan pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit.

Penulis: omdsmy_novemy_leo
Editor: omdsmy_novemy_leo
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help