JCI, Semangat Juventini untuk Kemanusiaan

Berkumpul dan menyaksikan setiap pertandingan Juventus dengan club-club lain di Serie A Italia atau Liga Champions

JCI, Semangat Juventini untuk Kemanusiaan
POS KUPANG/ALFRED DANA
Anggota Juventus Club Indonesia Kupang pose sebelum donor darah di Gereja Talitakumi Pasir Panjang, Sabtu (19/10/2013). 

POS KUPANG.COM -- Berkumpul dan menyaksikan setiap pertandingan Juventus dengan club-club lain di Serie A Italia atau Liga Champions Eropa merupakan menu wajib hampir setiap penggemar club Juventus yang tergabung dalam Juventus Club Indonesia (JCI) Chapter Kupang. Namun siapa bilang mereka hanya peduli dengan sepak bola khususnya tentang Juventus.

Para penggemar bola yang menamakan Juventini ini juga memiliki kepedulian sosial. Semangat mendukung Juventus juga ditunjukan dalam bentuk kegiatan- kegiatan sosial seperti halnya donor darah. Ini dibuktikan dengan aksi donor  darah yang dilakukan puluhan Juventini secara periodik tiga bulan sekali.

Setelah melakukan donor darah pada bulan April kemudian dilanjutkan bulan Juni lalu, kali ini Juventini kembali menggelar donor darah di Gereja Talitakumi-Pasir Panjang, Kupang, Sabtu (19/10/2013).

"Kita sudah tiga kali melakukan donor darah. Kita sangat senang dan tentu membanggakan bisa berpartisipasi dalam menyumbangkan darah kita. Ini merupakan kegiatan kemanusiaan yang menjadi agenda tetap kita," kata Ketua JCI Chapter Kupang, Petral, di sela-sela donor darah bersama Jemaat GMIT Talitakumi-Pasir Panjang-Kupang.

Petral, yang didampingi Ketua Divisi Nonton Bareng, Viktor Otta, mengatakan, JCI Kupang sudah memasuki usia dua tahun sejak berdiri 26 Agustus 2011 lalu. Dan, dalam dua tahun tersebut sudah banyak yang dilakukan oleh anggota JCI yang kini berjumlah sekitar 300-an orang.

"Usia kita sudah dua tahun dan anggota sekarang sudah lebih dari 300 orang. Sekrtariat kita di Kupang, tapi anggota kita tersebar di Kota Kupang, Kabupaten Kupang, ada juga di SoE-TTS, Kefamenanu-TTU, bahkan ada di Atambua-Belu. Awalnya mereka di Kupang, tapi karena pekerjaan jadinya mereka di luar Kupang. Tapi mereka tetap Juventini-juventini setia," jelas Petral.

Petral mengatakan, untuk donor darah kali ini, komunitas ini menargetkan melibatkan sekitar 30-an orang anggota. Dan, rencana aksi ini juga sudah disebarkan kepada semua anggota sehingga bisa berpartisipasi.

"Harapan kita adalah semua anggota JCI Kupang terlibat tapi target kita sekitar 30 orang. Kegiatan ini juga dilaksanakan oleh semua JCI di berbagai tempat di Indonesia," jelas Petral dibenarkan Viktor.

Dijelaskannya, selain donor darah, JCI juga pernah melakukan kegiatan-kegiatan sosial dan lingkungan, antara lain ikut ambil bagian dalam penanaman anakan pohon  di Taman Nostalgia saat pencanangan Kupang Go Green dan aksi-aksi mengungjungi panti asuhan di Kupang. "Kita juga punya rencana untuk mengunjungi pantai asuhan di Kupang dalam waktu dekat ini," jelas Petral.

Nonton Bareng dan Futsal
Petral menjelaskan, komunitas pecinta club Juventus Italia ini mempunyai agenda tetap yaitu nonton bareng setiap pertandingan Juventus. Selain itu, setiap minggu bertemu dan bermain futsal.  Dan, dalam setiap kali pertemuan tersebut, tentu yang dibahas hanya tentang informasi teranyar dari pentas liga Seri A, lebih khusus lagi tentang Juventus.

Halaman
12
Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help