• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 23 Juli 2014
Pos Kupang

Menang Adu Pinalti, Mabar Juara ETMC 2013

Jumat, 11 Oktober 2013 21:13 WITA

Laporan Wartawan Pos Kupang, Servan Mamilianus

POS KUPANG.COM, LABUAN BAJO -- Kesebelasan tuan rumah Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), akhirnya meraih gelar juara Eltari Memorial Cup (ETMC) 2013.

Di final yang berlangsung di Labuan Bajo, Jumat (11/10/2013), Mabar sukses menghancurkan ambisi kesebelasan Kabupaten Ngada setelah unggul 3-1 melalui adu pinalti.

Adu penalti terpaksa dilakukan setelah kedua kesebelasan berbagi angka 1-1 dalam waktu normal 2x45 . Hasil itupun tidak berubah saat babak perpanjangan 2x15 menit.

Saat babak pertama, gol cepat berhasil dilesakan oleh pemain Ngada ke gawang Mabar pada menit ke-7 lewat kaki Oktavianus Pone nomor punggung 10. Mabar yang selalu ditekan oleh Ngada tidak sanggup mengembangkan pola permainannya selama babak pertama.

Memasuki babak kedua, Mabar berhasil menyeimbangi irama permainan Ngada namun kecepatan para pemain Ngada tetap menjadi kesulitan tersendiri bagi Mabar. Beruntung pemain tuan rumah optimal memanfaatkan peluang emas di menit ke-89 lewat kaki Syahroni nomor punggung 17.

Gol balasannya menghapus harapan anak-anak Ngada yang nyaris merayakan juaranya mengingat sudah memasuki in juri time.

Walaupun begitu, anak-anak Ngada banyak menciptakan peluang emas di daerah gawang Mabar, tetapi tidak bisa menambah koleksi golnya. Sehingga pertandingan harus ditambah 2x45 menit dan dilanjutkan dengan adu penalti.
Saat adu penalti, Ngada yang mendapat kesempatan pertama untuk eksekusi ke gawang Mabar yang dijaga oleh Thomas C Liu Redo.

Namun pemain lincah Ngada, Hendro Toda bernomor punggung 13, tidak berhasil menjebol gawang Mabar dan bola hanya mengenai mistar gawang.

Saat giliran tuan rumah mengeksekusi penalti, seorang pemain Mabar Syahroni bernomor punggung 17 mampu memasukan bola ke gawang Ngada yang dijaga oleh Yohanes Thomas Siu Dore. Kedudukan menjadi 1-0 untuk keunggulan Mabar.

Penendang kedua dari Ngadapun siap-siap menembakan si kulit bundar, yaitu Sebatianus Raja nomor punggung 3. Tendangan kerasnya mampu ditangkap oleh penjaga gawang Mabar.
Berikutnya giliran eksekusi kedua oleh pemain tuan rumah, melalui kaki Muklis nomor punggung 4 yang berhasil gol dan mengubah kedudukan menjadi 2-0 untuk keunggulan Mabar.
Penalti ketiga dari Ngada dilakukan oleh Yoris Nono nomor punggung 9 dan berhasil menjebol gawang Mabar, mengubah kedudukan 2-1 masih unggul Mabar.

Saat giliran ketiga dari Mabar, eksekusi dilakukan oleh pemainnya Abdul Hafid dan berhasil membobol gawang Ngada, mengubah kedudukan 3-1 untuk kemenangan tuan rumah.
Penendang keempat Ngada adalah Eman Lebe, namun naas karena tembakannya hanya mengenai mistar gawang. Sehingga sontak saja oficial tuan rumah meluapkan kesenangannya dengan masuk ke lapangan memeluk para pemain karena sudah pasti menjadi juara.

Tuan rumah Mabarpun akhirnya keluar sebagai juara dengan memboyong piala ETMC, medali emas untuk setiap pemain, piagam penghargaan dan uang pembinaan Rp 22.500.000. Juara dua Ngada, mendapatkan medali perak, piagam penghargaan dan uang pembinaan Rp 17.500.000. Juara tiga, yakni Nagekeo mendapat medali perunggu, piagam penghargaan dan uang pembinaan Rp 12.500.000. Juara empat adalah Kota Kupang, mendapatkan Rp 7.500.000 dan piagam penghargaan.

Sedangkan pemain terbaik adalah dari Mabar, yaitu Lorensius Dogu mendapatkan hadiah uang Rp 1.500.000. Top scorer ada 2 orang, yakni pemain Nagekeo Luger Santoso dan pemain Ngada Oktavianus W. Pone, mendapatkan hadiah uang masing-masing Rp 1.500.000. Tim fair play adalah Kabupaten Belu mendapatkan hadiah Rp 2 juta.*

Editor: alfred_dama
Sumber: Pos Kupang
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas