• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 22 Agustus 2014
Pos Kupang

Pemilhan Rektor Undana, Fred Benu Suara Terbanyak

Rabu, 25 September 2013 21:31 WITA
Pemilhan Rektor Undana, Fred Benu Suara Terbanyak
Humas Undana
Calon Rektor Undana , Prof. Dr. Fred Benu, M.S, Ph.D memasukan surat suara ke kotak seusai memberikan suara pada pemilihan rektor Undana periode 2013-2017 di Lantai III Gedung Rektorat Undana, Rabu (25/9/2013). 

POS KUPANG.COM, KUPANG -- Tiga nama calon Rektor Universitas Nusa Cendana (Undana),    Prof. Ir. Fred Benu, M.S, Ph.D, Dr. Frans Gana, M.Si dan Ir. Franky M.S. Telupere, M.P.,Ph.D akan dikirim ke Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI. Dalam pemilihan tahap pertama ini, Fred Benu unggul dari kandidat lainnya.

Pantauan Pos Kupang, Rabu (25/9/2013), pemilihan rektor ini berlangsung secara tertutup   di Lantai III Gedung Rektorat Undana. Pemilihan ini hanya dilakukan oleh anggota Senat Undana yang berjumlah  50 orang.

Pemilihan dimulai pada pukul 15:30 Wita. Pemilihan ini dipimpin langsung Ketua Senat Undana selaku rektor,  Prof. Ir. Frans Umbu Datta, M.App, Sc, Ph.D didampingi Sekretaris Senat, Ir. Fabian Lawalu, M.S.  

Sementara di lantai III dipasang dua layar monitor lebar sehingga para dosen, pegawai,  oganisasi mahasiswa serta pengunjung bisa mengikuti proses pemilihan, termasuk wartawan.

Sebelum pemilihan dimulai diawali dengan doa yang dipimpin langsung oleh Ketua Senat Undana,  Prof. Ir. Frans Umbu Datta, M.App, Sc, Ph.D.

Pemilihan berlangsung dua putaran dan pada putaran pertama, Prof. Fred Benu unggul dengan jumlah perolehan suara 26 suara, pada urusan kedua yakni Dr. Frans Gana, sedangkan Telupere dan Prof. Yusuf Leonard Henuk, M.Rur.Sc.,Ph.D. atau YLH mendapat masing-masing 1 suara. Dari total 50 suara terdapat dua suara tidak sah.

Sementara berdasarkan regulasi, Senat Undana harus mengirimkan tiga nama ke Mendikbud RI dan karena calon ketiga belum ada akibat perolehan suara antara Telupere dan YLH sama, maka hasrus dilakukan pemilihan putaran kedua. Pemilihan putaran kedua ini khusus untuk kedua calon tersebut.

Hasil perhitungan pada pemilihan kedua untuk kedua kandidat ini, Telupere unggul dengan mendulang suara sebanyak 29, sedangkan YLH hanya memperoleh 18 suara. Pada putaran kedua ini ada tiga suara yang tidak sah.

Usai perhitungan suara, salah satu anggota senat, Ir. Gustaf Oematan, M.Si meminta kepada ketua senat agar segera dibuat berita acara kemudian dibaca didepan Senat Undana, namun Ketua Senat, dalam hal ini rektor mengatakan, hasil pemilihan itu harus disahkan dulu kemudian baru dibuatkan berita acara.

Ketua Senat Undana,  Prof. Ir. Frans Umbu Datta, M.App, Sc, Ph.D,mengatakan sesuai jadwal tahapan pemilihan rektor, maka hasil pemilihan itu akan dikirim ke Mendibud pada 2 Oktober 2013.

"Selambat-lambatnya pada 2 Oktober 2013, Senat Undana akan kirim hasil pemillihan ini, yakni tiga nama calon rektor ini kepada Mendikbud Ri, " kata Umbu Datta.

Tentang hasil yang ada, Umbu Datta mengatakan, setelah pengiriman tiga nama itu, menteri akan menentukan jadwal sesuai kesempatan menteri untuk melakukan pemilihan berikut, karena menteri memiliki kewenangan 35 persen. "Salah satu penilaian dari menteri melalui biodata atau curikulum vitae dari ketiga calon itu," ujarnya.*

Editor: alfred_dama
Sumber: Pos Kupang
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
118152 articles 14 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas