• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Pos Kupang

Anggota DPD: Jika Bisa, Kabupaten Adonara Terbentuk tahun 2013

Senin, 23 September 2013 12:15 WITA

POS KUPANG.COM, ADONARA -- Anggota  Komite 1 DPD RI,  Prof. Dr. Faruk Muhammad mengatakan, jika bisa Adonara menjadi kabupaten pada tahun 2013 ini, kenapa harus ditunda? Karena itu, ia meminta pemerintah harus membuat tata ruang sehingga jelas mana perkantoran, mana ruang terbuka hijau dan mana pemukiman.

"Tata ruang itu sangat penting, karena itu dapat menarik minat investor untuk masuk. Dan jagalah keamanan daerah ini. Keamanan dan kenyamanan sangat penting mempercepat daerah ini menjadi kabupaten.  Jangan lagi perang, gunakan parang, tombak dan lainnya menjadi benda-benda seni dan budaya,ökatanya.

I Wayan Sudirta juga mengakui mendapat penghargaan yang tinggi dari masyarkat Adonara. Ia mengatakan, potensi Adonara yang  hari ini dilihat langsung mestinya tidak masalah untuk dimekarkan karena sudah sangat siap dan layak. Karena selain mendapat dukungan penuh dari Bupati Flotim juga tidak ada permasalahan soal asset dan perbatasan.

"Yang diperhatikan adalah faktor keamanan sehingga ketika infestor masuk tidak ada masalah. Berikan rasa aman dan nyaman untuk semua yang mau membangun daerah ini," tambahnya.

Dani Anwar juga menjamin paripurna DPD RI akan menyetujui Adonara Kabupaten dan akan mengawal ke DPR RI. "Kita akan perjuangkan sama-sama. Semua kita berdoa," ujarnya.

Bupati Flotim, Yoseph Lagadoni Herin mengatakan, kerinduan untuk membentuk Kabupaten Adonara sudah sejak tahun 1960-an, dan kerinduan ini bukan hanya oleh segelintir keinginan elit politik, namun murni keinginan masyarakat Adonara.

"Pak Eman dan kawan-kawan menyaksikan sendiri bagaimana antusias masyarakat Adonara hari ini menerima kita. Mereka lama menantikan, dan hari ini mereka mengatakan bahwa kami siap dimekarkan,"katanya.

Karena itu, kata Yosni, mewakili masyarakat Adonara menyampaikan kerinduan meminta agar Desember 2013 Adonara sudah bias dimekarkan.  "Atas nama masyarakat Adonara kami ingin agar kerinduan masyarakat Adonara secepatnya terwujud. Semua utusan yang hadir berharap dan meminta agar Desember 2013 ini Adonara menjadi kabupaten,"harapnya.

Ia mengatakan, saat ini Pemerintah Kabupaten Flotim telah membuat rencana tata ruang Adonara dalam Ranperda Nomor 8 Tahun 2013, dan telah memisahkan aset serta menghibahkan uang Rp 50 miliar untuk pendampingan Kabupaten Adonara serta membebaskan tanah seluas 10 hektar untuk pembangunan kantor.

"Daerah ini juga aman kalau pelayanannya lebih dekat. Bagaimana bias pulau dengan jumlah penduduk 190 ribu jiwa lebih hanya punya Koramil dengan anggota 29 orang. Karena itu, daerah ini akan aman kalau personilnya lebih banyak dan akan lebih peka mendengar harapan masyarakat," tegasnya.

Ketua DPRD  Kabupaten Flotim, Marius Payong Paty mengatakan, kepastian ADonara Kabupaten sudah ada di depan mata. "Hari ini perjalanan kita mencapai puncak. Rakyat Adonara sudah lama merjndukan dan adonara layak menjadi kabupaten. Sebagai anak adknara kita yakin, dengan kekuatan Lewo Tanah mengantar kita untuk menjadikan Adonara Kabupaten," katanya.

Acara itu diakhiri penyampaian aspirasi dan penyerahan surat aspirasi masyarakat oleh Ketua Persiapan Pembentukan Kabupaten Adonara, Doni Rasawati kepada Wakil Ketua Komite I DPD RI,  Abdurahman. (iva)

Editor: alfred_dama
Sumber: Pos Kupang
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas