• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 30 September 2014
Pos Kupang

749 Caleg Rebut 65 Kursi DPRD NTT

Jumat, 23 Agustus 2013 16:12 WITA

POS KUPANG.COM, KUPANG -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Propinsi NTT melalui pleno terbuka telah menetapkan 749 calon tetap anggota legislatif Propinsi NTT yang bakal bertarung merebut 65 kursi DPRD NTT pada pemilu legislatif tahun 2014 mendatang.

Ratusan caleg Propinsi NTT ini berasal dari 12 partai politik (parpol) peserta pemilu yang terbagi dalam delapan daerah pemilihan.

Hasil pleno terbuka KPU Propinsi NTT di Hotel Ima Kupang, Kamis (22/8/2013) sore, menetapkan dari 12 parpol peserta pemilu, ada tiga partai tidak mengajukan calegnya 100 persen untuk setiap daerah pemilihan (dapil)-nya, yakni Partai Keadilan Sejahterah (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Bulan Bintang (PBB). PKS dan PBB  mengajukan 58 dari 65 caleg yang seharusnya, sementara PPP hanya mengajukan 48 caleg.

Rapat pleno penetapan daftar calon tetap (DCT) ini dipimpin Ketua KPU NTT, John Depa, dihadiri empat komisioner, Bawaslu, kepolisian dan pimpinan atau penghubung parpol.  DCT yang ditetapkan ini berkurang sebanyak lima caleg yang sebelumnya termuat dalam daftar calon sementara (DCS).

Sebelumnya, KPU NTT menetapkan 754 caleg dalam DCS, namun dalam perjalanannya, ada komplain dari masyarakat serta ada yang mengundurkan diri sehingga dilakukan pergantian. "Proses pencalonan sebenarnya berakhir hari ini yaitu dengan penetapan DCT ini," kata John Depa.

Ia menjelaskan, lima caleg yang tidak lolos masuk DCT dan diganti, antara lain dari Partai Nasdem, Urbanus, untuk Dapil V digantikan oleh Markus Alibrandi, Melkior Mampung dari Dapil IV digantikan oleh Rofinus Jemana.

Partai Demokrat, Yos Aman Mamulak, dari Dapil I digantikan oleh Gregorius Foju. Dari Partai PAN, Hermin Mengiri dari Dapil VI diganti oleh Geraldina Rosiana Adoe. Dari PAN, Widiasti Biron di Dapil IV digantikan oleh Melkiana Surya.

Juru Bicara KPU, Djidon de Haan, usai pleno penetapan DCT mengatakan, setelah DCT ini ditetapkan, masih ada waktu 71 hari bagi caleg yang merasa dirugikan agar menggugat melalui Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). 

"Masih ada waktu 71 hari terhitung  hari ini sampai tanggal 24 September jika ada yang mau protes. Silakan menggugat ke PTUN,"  jelasnya.

Penghubung PKB, Vinsen Mone, dan PAN, Angelino da Costa, S.H, M.Hum, secara terpisah, mengatakan, DCT yang telah ditetapkan KPU sudah sesuai sehingga apabila nanti ada caleg yang merasa dirugikan atau mengadu ke PTUN sesuai aturan, maka secara partai tentu siap menghadapinya. 

"Kalau kami di PAN, penetapan KPU ini sudah pas. Kalau nanti ada yang keberatan, kami  persilakan," kata Angelino yang juga Sekretaris OKK PAN NTT ini. (roy)

Editor: alfred_dama
Sumber: Pos Kupang
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
114492 articles 14 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas