PosKupang/

Sebelum Membeli Makanan Amati Dulu Pedagangnya

MENJELANG bulan Ramadan, para pedagang di Kota Kupang mulai memenuhi ruas-ruas jalan. Waspada sebelum membeli dan mencicipi makanannya.

Sebelum Membeli Makanan Amati Dulu Pedagangnya
POS KUPANG/NOVEMY LEO
GEROBAK KUE --- Salah satu gerobak kue di depan bekas Kantor Bupati Kupang, milik Mama Le a. Jajanan itu lezat, bersih, dan murah harganya.

POS-KUPANG.COM --- MENJELANG bulan Ramadan, para pedagang di Kota Kupang mulai memenuhi ruas-ruas jalan. Apalagi kalau tidak untuk menjajakan aneka kuliner berupa makanan dan minuman segar untuk kaum muslim yang akan berbuka puasa setiap sore.

Bahkan warga yang beragama non muslim pun tertarik untuk ikut membeli dan menyantap berbagai kuliner selama bulan puasa itu.

Lihat saja di depan Kantor Bupati Kupang yang lama dan di pertigaan Gereja Katedral Kupang. Trotoar jalan dipenuhi oleh puluhan, bahkan ratusan gerobak makanan dan minuman. Bahkan ada juga yang sampai menyediakan meja dan kursi kecil untuk pelanggan yang ingin langsung menyantap kuliner di tempat itu.

Berbagai jenis dan bentuk kuliner yang menarik dengan warna-warna yang beraneka ragam plus kenikmatan yang ditawarkan sungguh menggugah selera. Terlebih jika tawaran harga yang murah meriah sehingga membuat Anda tergoda untuk segera membeli dan 'meludeskan' kuliner itu.

Meski demikian, Anda tentu tetap harus waspada sebelum menentukan kuliner mana yang akan Anda beli untuk dimakan bersama keluarga. Tentu saja Anda tidak mau bukan, setelah menyantap kuliner menarik itu Anda dan keluarga kemudian sakit perut.

Pasalnya, tidak semua kuliner lezat yang ditawarkan oleh para pedagang di pinggir jalan itu bersih dan sehat. Dan, tidak semua kuliner di pinggir jalan yang akan Anda beli dan santap itu kotor dan tidak sehat.

Kuncinya bahwa Anda perlu benar-benar tahu, paling tidak merasa bahwa kuliner di pinggir jalan yang akan Anda beli dan santap itu adalah sehat dan bersih.

Nah, untuk bisa menuntun Anda dan keluarga memilih kuliner di pinggir jalan secara tepat dan benar, atau untuk bisa mendapatkan kuliner yang sehat dan bersih, inilah 10 tipsnya.

1. Tanya Teman. Jika Anda orang baru di daerah itu, tanyalah kepada teman atau keluarga, di mana tempat kuliner yang enak. Tentunya rekomendasi itu bisa menjadi salah satu pertimbangan.

2. Pilih Tempat yang Ramai. Kuliner yang enak pasti laku terjual dan banyak peminatnya. Ibarat pepatah "ada gula ada semut". Bisa saja pengunjung yang ramai di tempat itu menandakan bahwa kuliner di tempat itu enak dan sehat dan terpercaya kualitasnya. Meskipun tidak selamanya yang lebih ramai yang lebih baik. Tapi paling tidak, kalau lebih ramai, risiko keberadaan makanan sisa di hari sebelumnya itu lebih sedikit.

Halaman
12
Penulis: omdsmy_novemy_leo
Editor: omdsmy_novemy_leo
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help