PosKupang/

Pilkada Sikka

Bupati Sikka Terpilih 'Digoyang' Isu Tak Berijazah SD- SLTP

Jelang pelantikan Bupati dan Wabup Sikka periode 2013-2018, Drs. Yoseph Ansar Rera, bupati terpilih, 'digoyang'

Bupati Sikka Terpilih 'Digoyang' Isu Tak Berijazah SD- SLTP
DOK
Ansar Rera Beka
POS KUPANG.COM, MAUMERE -- Jelang pelantikan Bupati dan Wabup Sikka periode 2013-2018,  Drs. Yoseph Ansar Rera, bupati terpilih, 'digoyang' dugaan tidak memiliki ijazah SD dan SLTP.

Adalah Forum Masyarakat Pecinta Demokrasi (FPMD) Sikka yang menyurati Ketua KPUD Sikka menilai  proses veritifikasi persyaratan dokumen para calon bupati tidak jujur, tidak profesional dan obyektif bahkan terindikasi tidak netral.

Ketua FMPD Sikka, Frederich Djoedye, dan Sekertaris Yansensius Seda, dalam suratnya kepada Pos Kupang Biro Maumere, Jumat (14/6/2013) siang, menjelaskan, ada fakta dan diduga kuat Bupati Sikka Terpilih tidak memiliki ijazah SD dan SLTP sehingga KPUD Sikka perlu melakukan klarifikasi atas temuan tersebut.

Bahkan FPMD Sikka dalam suratnya membeberkan kejanggalan nama Bupati Sikka Terpilih yang tertulis dan tertuang dalam surat keterangan tamat belajar di SDK 093 Maumere IV dan surat keterangan tamat belajar di SMPK Alvares Paga serta surat keterangan tamat belajar di SMAK St. Gabriel Maumere.

Bukan saja itu, FPMD juga melampirkan fotokopi ijazah Akademi Pemerintahan Dalam Negeri dan ijazah Insititut Ilmu Pemerintahan milik Yoseph. Atas temuan itu, FPMD meminta  KPUD Sikka menunda pelantikan Bupati dan Wabup Sikka terpilih.

Urus SK Pelantikan
Pelaksana Tugas Ketua DPRD Sikka, Gorgonius Nago Bapa, yang dihubungi Pos Kupang, Jumat (14/6/2013) sore, menegaskan, proses pelantikan Bupati dan Wabup Sikka Terpilih sedang dilakukan KPUD Sikka bersama DPRD Sikka di Kantor Gubernur NTT.

Ditanya mengenai ada persoalan dokumen persyaratan pencalonan Paket An-Sar, Nago Bapa mengatakan, semua sudah diklarifikasi langsung oleh KPUD Sikka saat di Kantor Gubernur NTT.

"Kami sedang proses dan tinggal tunggu Gubernur NTT menandatangani SK pelantikan dan kami bawa ke Jakarta. Tidak ada masalah karena DPRD Sikka kan menerima dokumen dari KPUD Sikka lalu diteruskan untuk dilakukan proses pelantikan dan penetapan SK pelantikan. Kami di DPRD Sikka tidak memiliki kewenangan mengenai verifikasi dokumen calon saat Pilkada Sikka. Yang punya kewenangan KPUD Sikka. Kami serahkan dokumen untuk dilakukan proses pembuatan SK pelantikan dari Mendagri," kata Nago Bapa.

Ketua KPUD Sikka, Albertus Ben Bao, ketika dihubungi
per telepon dari  Maumere, Jumat (14/6/2013) siang, mengaku sedang berada di Kupang guna mengurus SK pelantikan di Kantor Gubernur NTT. "Nanti soal dokumen kami akan klarifikasi ketika kami pulang dari Jakarta. Kami lagi di Kupang," kata Ben Bao.

Bupati Sikka Terpilih, Drs. Yoseph Ansar Rera, ketika dihubungi Pos Kupang per telepon di Maumere, Jumat (14/6/2013) sore, mengaku sedang melakukan pertemuan dan belum memberikan penjelasan kepada wartawan. (ris)

Editor: alfred_dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help