Kamis, 18 Desember 2014
Pos Kupang

Berkas PAW Enam Anggota DPRD Kota Rampung

Sabtu, 1 Juni 2013 21:49 WITA

POS KUPANG.COM, KUPANG -- Berkas pergantian antar waktu (PAW) enam anggota DPRD Kota Kupang yang pindah partai politik (Parpol) menjadi calon legislatif (caleg) telah dirampungkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kupang.

Sementara berkas empat anggota DPRD lainnya masih bermasalah, karena nama calon pengganti yang diusul oleh Parpol tidak sesuai urutan atau peringkat perolehan suara di Pemilu legislatif  Tahun 2009 lalu.

Ketua KPU Kota Kupang, Daniel B. Ratu, yang ditemui di ruang kerjanya, Jumat (30/5/2013), mengatakan,  seharusnya yang diusulkan partai adalah calon pengganti dengan urutan berikut tapi malah loncat sehingga perlu klarifikasi dengan partai pengusung.

Daniel mengatakan, aturan tentang PAW adalah calon pengganti dari  daerah pemilihan (dapil) yang sama dari ranking berikutnya.

"Jika yang ditetapkan menjadi DPRD kemarin yang rangking satu maka calon pengganti mesti ranking dua, kecuali yang ranking dua tidak memenuhi syarat yakni pindah partai atau meninggal dunia," ujarnya.

Ia melanjutkan, jika calon pengganti masih ada dan tidak pindah ke parpol lain,  atau tidak meninggal dunia mesti diklarifikasi.
Untuk proses PAW di tingkat KPU, waktunya hanya lima hari kalau kondisi normal tetapi kalau ada hal lain harus diklarifikasi sehingga perlu tambahan waktu selama sepekan.

"Hari ini, KPU sudah menerima tembusan dokumen usul PAW dari Wali Kota Kupang ke Gubernur NTT atas nama Janlif Tratus Bullu, sementara untuk lima anggota DPRD lainnya berkasnya baru dikirim kembali ke pimpinan DPRD Kota Kupang," kata  Daniel.

Ditegaskan Daniel, khusus lima  anggota DPRD Kota Kupang yakni Johanis Isliko, Agnes Bota Hayon, Semus Baitanu, dan Samuel Taklale prosesnyaa tidak lama karena tidak ada masalah. Sedangkan, empat anggota lainnya masih bermasalah.

Secara terpisah, mantan Ketua DPC PDS Kota Kupang, Johnis Imanuel Haning, mengatakan, terkait pengusulan penganti  ini, pihaknya akan berkoordinasi dengan KPU Kota Kupang terkait masalah pengusulan calon pengganti.*
Penulis: apolonia_m_dhiu
Editor: alfred_dama
Sumber: Pos Kupang

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas