Rabu, 26 November 2014
Pos Kupang

Panwaslu Undang Lusia Lebu Raya untuk Klarifikasi Bagi Uang

Rabu, 22 Mei 2013 23:27 WITA

Laporan Wartawan Pos Kupang, Edy Bau

POS KUPANG.COM, KUPANG
-- Tim pemenangan paket Frenly bersama isteri Calon Gubernur NTT, Lusia Adinda Lebu Raya diduga telah melakukan politik uang dengan membagi-bagi uang kepada masyarakat Desa Tubu Hue, Kecamatan Amanuban Barat, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) pada Selasa (21/5/2013).

Satu orang diberikan uang Rp 100 ribu disertai dengan ajakan untuk memilih pasangan calon nomor urut 4 pada tanggal 23 Mei.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten TTS, Albert J Benu mengatakan itu saat yang dihubungi Pos Kupang dari Kupang ke TTS, Rabu (22/5/2013). Menurutnya,  praktek bagi-bagi uang ini dilakukan hari kedua masa tenang pilgub NTT putaran kedua disertai ajakan untuk memilih pasangan calon nomor empat sehingga dianggap telah melakukan pelanggaran.

Terkait dugaan itu, lanjut Benu, pihaknya telah mengundang Ibu Lusia Adinda Lebu Raya untuk melakukan klarifikasi namun undangan itu belum dipenuhi.

"Ya kita undang (ibu Lusia Lebu raya,red) untuk klarifikasi dugaan kasus dugaan money politic tadi malam. Di undangan hari ini ibu harus berikan klarifikasi tapi belum ada," katanya.

Tentang prakteknya, Benu mengatakan, "Mereka bagi-bagi uang saat masa tenang. satu orang 100 ribu, kalau untuk saksi tidak mungkin semua masyarakat jadi saksi. Di Desa Tubu Hue kan satu TPS kalau bagi untuk saksikan cuma satu orang. Pembagian oleh tim dan Ibu Lusia juga ada," ungkapnya.

Tim Pemenangan Paket Frenly, Gusti Beribe yang dikonfirmasi pertelepon, Rabu (22/5/2013) malam membantah adanya dugaan praktek Money Politic itu. "Siapa yang bagi uang itu? kita belum dapat laporan. Nanti saya cek dulu," katanya.

Disampikan ada temuan Panwaskab TTS bahwa pembagian uang itu melibatkan Istri Calon gubernur, Lusia Lebu Raya, Beribe mengatakan bahwa itu keliru. "Itu keliru, beliau pernah menjanjikan desa itu jadi pada saat kunjungan itu beliau langsung serahkan. Tidak kaitan dengan itu," tegasnya.*
Editor: alfred_dama
Sumber: Pos Kupang

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas