PosKupang/

Pilkada Sikka

Kepala Suku Tana Ai Siap Menangkan An-Sar

Kepala Suku, tuan tanah dan tokoh masyarakat (Tomas) di Tana Ai, Kecamatan Talibura dan Waiblama, Kabupaten Sikka,

Kepala Suku Tana Ai Siap Menangkan An-Sar
DOK
Ansar Rera Beka
Laporan Wartawan Pos Kupang, Aris Ninu

POS KUPANG.COM, MAUMERE -- Kepala Suku, tuan tanah dan tokoh masyarakat (Tomas) di Tana Ai, Kecamatan Talibura dan Waiblama, Kabupaten Sikka, Kamis (25/4/2013) siang bertekad memenangkan Paket An-Sar di wilayah timur Sikka.

Tekad memenangkan An-Sar dalam Pilkada Sikka putaran kedua tanggal 15 Mei 2013 mendatang dengan membuat kesepakatan sebagai pembuktian dan kebulatan tekad warga Tana A'i di bagian timur Kabupaten Sikka.

Selain dari ketua suku, pernyataan dukungan kepada An-Sar ini pun datang dari kalangan muda yang membuat pernyataan sikap Orang Muda yang tergabung dalam Barisan An-Sar Tana A'i (Bantai).

Bantai mendukung An-Sar dengan dengan pernyataan spontan dan upacara adat pengukuhan tekad dengan secara bersama-sama meminum minuman tradisional moke atau oleh masyarakat setempat disebut "tu'a kalok".

Ritual adat tersebut dibuka oleh Rudolfus Rede sedang ritual "tua kalok" dilakukan oleh Wihelmus Walong, "Tana Puan" (Tuan Tana) Talibura dan Tanarawa.
    
Acara dukungan bagi An-Sar, Kamis (25/4/2013) siang, bertempat di Sekretariat Bantai Kecamatan Talibura, di Talibura, Desa Talibura, berkumpul 11 orang Tana Puan, Kepala Suku, dan tokoh masyarakat (Tomas) setempat, juga orang muda yang tergabung dalam Bantai Kecamatan Talibura, sebotol moke dan gelas disiapkan di meja persis di depan tempat duduk pasangan Paket An-Sar. Tana Puan Talibura dan Tanarawa Wilhelmus Walong membuat ritual doa dan sapaan adat dalam bahasa setempat yang memiliki arti mendalam.

Setelah itu, gelas yang terisi moke diminum Tana Pu'an Wilhelmus Walong dan gelas yang masih terisi moke itu diserahkan kepada pasangan Paket An-Sar untuk diminum sampai habis. Ritual ini sebagai bentuk pengukuhan atas kebulatan tekad dan pernyataan dukungan penuh memenangkan paket An-Sar wilayah Tana A'i (Talibura dan Waiblama) melalui para tokoh itu dan ritualnya.

Selain beberapa tokoh adat, tokoh masyarakat, orang muda, Paket An-Sar, Tim Sukses Paket An-Sar Sirilus Mbambho, Fabianus Toa, Barisan An-Sar Muda (Bansar) Benny Pongo (Ketua) dan Marcelus (Humas), hadir pula tokoh adat, tokoh masyarakat dan orang muda Talibura-Waiblama lainnya, yakni David Wodon (Tomas Desa Ojang), Karolus Klatan (Tana Puan Timutawa), Ajitor Kupi (Tana Puan Wairbura), Geron Sareng (Tana Puan Nangahale dan Utan Wair), Koeriku (Tokoh masyarakat Nangahale), Barradus Baheng (tokoh masyarakat Nangahale), Romanus Ret'a (Kepala Suku Ri'i Du'en Pruda), Koordinator Wilayah (Korwil) Talibura Bantai Alberto S. Golkar dan Korwil Bantai Waiblama Alfons Hery.*
 

Editor: alfred_dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help