Kol Pnb. Eko Dono Indarto, SIP: Kupang Bukan Tempat Baru

Sebagai satuan Angkatan Udara, Pangkalan Udara (Lanud) El Tari Kupang memiliki peran penting dalam setiap operasi militer di wilayah NTT

Kol Pnb. Eko Dono Indarto, SIP: Kupang Bukan Tempat Baru
POS KUPANG/MUHLIS AL ALAWI
Kolonel Pnb. Eko Dono Indarto, SIP

Karena pentingnya posisi Lanud El Tari serta kebutuhan lainnya, maka Lanud El Tari telah ditingkatkan dari tipe C ke Tipe B, yang mana komandan satuan sebelumnya berpangkat Letnan Kolonel (Letkol), kini komandan berpangkat Kolonel.

Pos Kupang yang berkesempatan berbincang-bincang dengan sang komandan, Rabu (20/3/2013), banyak mendapat gambaran mengenai fungsi dan tugas satuan matra udara di NTT ini.

Selain berbincang-bincang tentang tugas, ayah tiga anak ini banyak bercerita tentang pengalamannya saat bertugas sebagai penerbang TNI AU. Dan, baginya Kota Kupang dan NTT pada umumnya bukan tempat yang baru karena sebagai penerbang, suami dari Asiana Saptareni Hapsari, SP ini sering bahkan pernah tinggal di Kupang saat melaksanakan tugas sebelum menjadi Danlanud El Tari. Berikut petikan perbincangan Kolonel Eko dengan Pos Kupang.


Lanud El Tari saat ini dikomandani perwira berpangkat Kolonel, apa pertimbangannya?

Pangkalan Udara (Lanud) El Tari sudah dinaikkan kelasnya dari tipe C ke tipe B. Dulu komandannya Letkol, sekarang sudah kolonel. Ini adalah kebijkan di level atas dengan pertimbangan strategi. Dalam perkembangan pada masa kini, negara sudah mengembangkan kekuatan pokok minimum  tahap pertama sampai dengan 2014 dan tahap kedua 2019 dan 2014.

Ini kebijakan pemerintah. Kalau kita lihat kesetaraan di lingkungan NTT sekarang ini, TNI  AL di NTT sudah dimpimpin oleh komandan berbintang satu, di Korem juga sudah berbintang satu. TNI AU mengikuti perkembangan naik menjadi kolonel, Lanud El Tari juga naik bersama pangkalan-pangkalan TNI AU lainnya. Tidak hanya Lanud El Tari saja, ini dalam rangka menyongsong tugas itu tadi, untuk  memenuhi kebutuhan pokok minimum.

Bagaimana dengan tugas Lanud El Tari di NTT ini?
Berbicara visi dan misi Lanud El Tari Kupang ini tidak berbeda dengan komandan-komandan sebelumnya. Visi Lanud El Tari adalah menjadikan Lanud El Tari lebih siap, lebih berkemampuan untuk melaksanakan tugas-tugas  AU yang lebih baik di wilayah NTT. Misinya adalah, pertama, pembinaan anggota. Saya ingin prajurit Lanud El Tari menjadi prajurit yang profesional, tangguh, dan berdaya tempur tinggi. Kedua, kita lebih mampu menjalankan tugas-tugas mendukung operasi penerbangan, melaksanakan operasi pertahanan pangkalan dan juga pengamanan aset. Ketiga, kita mampu membangun dan menjalin komunikasi sosial dengan pemda, dengan tokoh masyarakat dan tokoh adat di NTT. Misi yang ketiga ini untuk pemberdayaan wilayah pertahanan udara.

Kapan ada penempatan pesawat  di Lanud El Tari?
Lanud El Tari sebagai satuan operasi udara tidak terlepas dari komando atas. Kita akan berbuat seperti tupoksi kita semaksimal mungkin untuk mendukung operasi penerbangan karena sekarang ini belum ada kegiatan pesawat yang home base-nya secara tetap di sini. Menuju ke 2024 dengan penambahan alutsista di TNI AU ada kemungkinan besar ada penempatan pesawat-pesawat di sini karena kita juga sudah menyiapkan shelter-shelter di sini sejak beberapa tahun yang lalu.

Semoga saja ini terwujud atau tidak ada perubahan sehingga ke depan kita harapkan ada skuadron udara di sini. Kita juga melaksanakan fungsi operasi untuk pertahanan pangkalan yaitu untuk mengamankan pangkalan kita ini dengan melibatkan semua prajurit yang ada pada kita saat ini. Di ini ada aset yang harus kita jaga yaitu tanah seluas 543 ha yang digunakan untuk kepentingan Bandara ini, harus kita amankan.

Lanud El Tari belum memiliki pesawat tempur. Bagaimana bila situasi memburuk?
Sebanarnya  pesawat kita cukup mampu untuk mengatasi kendala itu. Dari Makassar ada Sukhoi kita, pesawat bagus yang mampu terbang pulang pergi tanpa harus isi bahan bakar untuk mengatasi permasalahan. Dan, dalam kondisi damai seperti ini semua bisa dikendalikan dari Makassar. Jadi penyusupan pasti terpantau oleh radar kita untuk memantau, pantauan juga dilakukan oleh radar kita, juga oleh radar sipil di Bali, jadi interconecting dengan radar kita.

Pesawat asing yang melintas di wilayah kita harus izin ya pak?

Kondisi suatu pesawat terbang sebelum dia terbang kalau pesawat itu reguler maka harus  izin ke Direktorat Jenderal Perhubungan Udara-Kementerian Perhubungan dan sebelum dia terbang harus terlebih dulu mengisi fly plan atau rencana penerbangan dari mana mau ke mana, terus menggunakan rute mana, ketinggian berapa dan terjadi apa-apa alternatifnya ke mana. Jadi semua sudah ada dan berapa jarak tempuh dan kemampuan daerah terbang sehingga terbang itu tidak diam- diam.

Anak NTT kurang sekali berminat masuk TNI AU karena dianggap sulit. Bagaimana Lanud El Tari menarik minat anak NTT menjadi prajurit TNI AU?

Sesungguhnya secara dasar penentuan prajurit TNI mempunyai syarat-syarat yang sama, baik itu tamtama, bintara dan perwira, baik itu di AD, AL maupun AU. Kalau bicara tentang animo, saya juga belum tahu kenapa lebih memilih yang lain, tetapi dalam peta pembinaan kita dalam menarik animo ini, kita sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang ada di sekitar sini. Bahkan sosialisasi ini tidak sekedar lisan tetapi juga tulisan.

Tahun kemarin saya sudah bersurat kepada para kepala daerah yang berada dalam wilayah tanggung jawab Lanud El Tari  agar berkenan membantu menyampaikan informasi kepada anak- anak SMA atau pemuda yang ada di daerahnya untuk berlomba- lomba menjadi prajurit TNI AU. Ini yang kemarin sudah saya lakukan dan sekolah-sekolah sudah kita datangi untuk menyampaikan formasi ini. Bahkan kemarin kita melakukan kegiatan join flight itu skalanya masih kecil, padahal sehari sebelumya sudah saya ajak datang ke tempat kami dan kami perkenalkan apa itu TNI AU dalam suatu pertemuan.

Halaman
1234
Editor: alfred_dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help