Minggu, 25 Januari 2015
Pos Kupang

Kol Pnb. Eko Dono Indarto, SIP: Kupang Bukan Tempat Baru

Selasa, 9 April 2013 11:40 WITA

Kol Pnb. Eko Dono Indarto, SIP: Kupang Bukan Tempat Baru
POS KUPANG/MUHLIS AL ALAWI
Kolonel Pnb. Eko Dono Indarto, SIP

Karena pentingnya posisi Lanud El Tari serta kebutuhan lainnya, maka Lanud El Tari telah ditingkatkan dari tipe C ke Tipe B, yang mana komandan satuan sebelumnya berpangkat Letnan Kolonel (Letkol), kini komandan berpangkat Kolonel.

Pos Kupang yang berkesempatan berbincang-bincang dengan sang komandan, Rabu (20/3/2013), banyak mendapat gambaran mengenai fungsi dan tugas satuan matra udara di NTT ini.

Selain berbincang-bincang tentang tugas, ayah tiga anak ini banyak bercerita tentang pengalamannya saat bertugas sebagai penerbang TNI AU. Dan, baginya Kota Kupang dan NTT pada umumnya bukan tempat yang baru karena sebagai penerbang, suami dari Asiana Saptareni Hapsari, SP ini sering bahkan pernah tinggal di Kupang saat melaksanakan tugas sebelum menjadi Danlanud El Tari. Berikut petikan perbincangan Kolonel Eko dengan Pos Kupang.


Lanud El Tari saat ini dikomandani perwira berpangkat Kolonel, apa pertimbangannya?

Pangkalan Udara (Lanud) El Tari sudah dinaikkan kelasnya dari tipe C ke tipe B. Dulu komandannya Letkol, sekarang sudah kolonel. Ini adalah kebijkan di level atas dengan pertimbangan strategi. Dalam perkembangan pada masa kini, negara sudah mengembangkan kekuatan pokok minimum  tahap pertama sampai dengan 2014 dan tahap kedua 2019 dan 2014.

Ini kebijakan pemerintah. Kalau kita lihat kesetaraan di lingkungan NTT sekarang ini, TNI  AL di NTT sudah dimpimpin oleh komandan berbintang satu, di Korem juga sudah berbintang satu. TNI AU mengikuti perkembangan naik menjadi kolonel, Lanud El Tari juga naik bersama pangkalan-pangkalan TNI AU lainnya. Tidak hanya Lanud El Tari saja, ini dalam rangka menyongsong tugas itu tadi, untuk  memenuhi kebutuhan pokok minimum.

Bagaimana dengan tugas Lanud El Tari di NTT ini?
Berbicara visi dan misi Lanud El Tari Kupang ini tidak berbeda dengan komandan-komandan sebelumnya. Visi Lanud El Tari adalah menjadikan Lanud El Tari lebih siap, lebih berkemampuan untuk melaksanakan tugas-tugas  AU yang lebih baik di wilayah NTT. Misinya adalah, pertama, pembinaan anggota. Saya ingin prajurit Lanud El Tari menjadi prajurit yang profesional, tangguh, dan berdaya tempur tinggi. Kedua, kita lebih mampu menjalankan tugas-tugas mendukung operasi penerbangan, melaksanakan operasi pertahanan pangkalan dan juga pengamanan aset. Ketiga, kita mampu membangun dan menjalin komunikasi sosial dengan pemda, dengan tokoh masyarakat dan tokoh adat di NTT. Misi yang ketiga ini untuk pemberdayaan wilayah pertahanan udara.

Kapan ada penempatan pesawat  di Lanud El Tari?
Lanud El Tari sebagai satuan operasi udara tidak terlepas dari komando atas. Kita akan berbuat seperti tupoksi kita semaksimal mungkin untuk mendukung operasi penerbangan karena sekarang ini belum ada kegiatan pesawat yang home base-nya secara tetap di sini. Menuju ke 2024 dengan penambahan alutsista di TNI AU ada kemungkinan besar ada penempatan pesawat-pesawat di sini karena kita juga sudah menyiapkan shelter-shelter di sini sejak beberapa tahun yang lalu.

Halaman12345
Editor: alfred_dama
Sumber: Pos Kupang
KOMENTAR ANDA

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas