PosKupang/

Pilkada Sikka

Alex-Idong dan An-Sar Balapan Lagi 15 Mei

Paket Alex- Idong dan Paket An-Sar dipastikan balapan alias tanding lagi pada putaran kedua Pilkada Sikka 15 Mei mendatang.

POS-KUPANG.COM, MAUMERE, PK -- Pasangan Alexander Longginus-Roberto Diego Idong (paket Alex- Idong) dan Yosep Ansar Rera-Paolus Nong Susar (An-Sar) dipastikan 'balapan' lagi pada putaran kedua Pilkada Sikka 15 Mei mendatang.

Dua paket ini dipastikan bertarung lagi menyusul hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara sembilan paket yang ikut Pilkada Sikka 2013 belum ada  paket calon yang meraih suara maksimal 50 persen atau  78.618 suara sah dan minimal 30 persen atau 47.176 suara sah.

Paket yang akan ke putaran kedua sesuai ketentuan adalah paket yang memperoleh suara terbanyak pertama, yakni paket Alex-Idong sebanyak 44.422 suara dan An-Sar memperoleh  27.443 suara.

Meski demikian  KPUD Sikka  belum berani menetapkan apakah Pilkada Sikka satu putaran atau dua putaran karena masih menyampaikan pengumuman kepada masyarakat Sikka melalui media massa, serta melihat apakah ada pihak yang keberatan terhadap perolehan suara atau tidak.

Jika tidak ada keberatan, KPUD Sikka akan menetapkan Pilkada Sikka satu putaran atau dua putaran. Sebaliknya jika ada keberatan yang masuk ke Mahkamah Konstitusi (MK), maka KPUD Sikka akan menunggu sampai ada kepastian hukum dari MK baru menentukan Pilkada Sikka satu putaran atau dua putaran.

Jika merujuk pada ketentuan rekapitulasi penghitungan suara yang sudah dilakukan KPUD Sikka, sudah dipastikan Pilkada Sikka  berlangsung dua putaran, bukan satu putaran.

Ketua KPUD Sikka, Albertus Ben Bao, S.Sos, melalui Juru Bicara KPUD Sikka, Alfonsus Hilarius Ase, S.H, M.Hum, kepada wartawan di kantornya, Rabu (27/3/2013) menjelaskan, hasil rekapitulasi perolehan suara Pilkada Sikka akan diumumkan kepada masyarakat Sikka melalui media massa selama tiga hari sejak tanggal 28 Maret 2013, 1 dan 2 April 2013.

Ia mengatakan, pengumuman kepada masyarakat Sikka melalui media massa disesuaikan dengan hari kerja MK di Jakarta. "Jika selama tiga hari pengumuman ada pihak yang keberatan terhadap hasil rekapitulasi perolehan suara, silakan mengajukan gugatan kepada MK. KPUD Sikka akan diberitahu oleh MK jika ada pihak yang keberatan," kata Alfons.

Ia menjelaskan, jika selama tiga hari pengumuman tidak ada yang keberatan,  maka KPUD Sikka akan menggelar rapat pleno penetapan apakah Pilkada Sikka satu atau dua putaran.

Jika dua putaran, lanjut Alfons, maka Pilkada Sikka akan berlangsung tanggal 15 Mei 2013 mendatang. Apabila ada paket calon yang keberatan, kata  Alfons, KPUD Sikka akan menunggu sampai ada putusan dari MK baru melakukan penetapan dan melakukan Pilkada Sikka putaran kedua.

Alfons mengatakan, dalam rapat pleno penghitungan suara hasil Pilkada Sikka yang berakhir Selasa (26/3/2013) malam, ada keberatan disampaikan paket Garansi dan Solid.  Namun, lanjut Alfons,  apakah keberatan itu akan dilanjutkan kepada MK di Jakarta, KPUD Sikka belum tahu.

"Yang jelas jika ada keberatan, KPUD Sikka menunggu dan menghadapi keberatan tersebut," ujarnya.

Alfons mengatakan, KPUD Sikka sudah merekap  perolehan suara sembilan paket yang ikut dalam Pilkada Sikka tanggal 18 Maret 2013 lalu (lihat tabel).

"Hasil perolehan suara Pilkada Sikka telah selesai kami laksanakan empat hari.
Siapa yang meraih suara terbanyak telah diketahui oleh masyarakat yang mengikuti proses tersebut," katanya.

Ia mengungkapkan, dalam Pilkada Sikka, daftar pemilih tetap (DPT) 194.625 orang. Dari jumlah itu yang tidak memilih 33.695 orang, ikut memilih 160.930 orang. "Suara sah  157.253  dan tidak sah 3.677 suara,"  ujar Alfons.


Editor: omdsmy_novemy_leo
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help