Senin, 24 November 2014
Pos Kupang

KPU Hentikan Perhitungan Suara Pilgub NTT

Kamis, 21 Maret 2013 08:29 WITA

POS-KUPANG.COM, KUPANG, PK --- KPU NTT menghentikan penghitungan suara sementara pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTT periode 2013-2018.

Penghentian ini dilakukan karena rekapitulasi penghitungan sudah dilakukan di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

"Sejak pukul 13.00 Wita hari ini (kemarin), kita tutup rilis hasil penghitungan sementara Pilgub NTT," kata Juru Bicara KPU NTT, Djidon de Haan, di Kantor KPU NTT, Rabu (20/3/2013).

Menurutnya, penghentian itu dilakukan karena saat ini pihak penyelenggara di tingkat kecamatan, telah mulai melakukan rekapitulasi penghitungan di setiap kecamatan masing-masing, sehingga KPU selaku penyelenggara di tingkat propinsi harus menghormatinya.

Dijelaskannya, penyampaian penghitungan sementara yang dilakukan KPU NTT sejak hari pencoblosan, Senin (18/3/2013) hingga Rabu (20/3/2013), dilakukan karena KPU ingin memenuhi rasa ingin tahu masyarakat sejak pemilihan itu berlangsung.

"Sudah saatnya kita lakukan penutupan agar bisa menghormati proses rekapitulasi yang dilakukan penyelenggara di tingkat bawah," kata Djidon.

Hasil rekapitulasi yang disampaikan KPU selama tiga hari tersebut, jelasnya, bersumber dari form C1 KWK dari setiap kabupaten/kota yang telah selesai melakukan rekapitulasi di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa/kelurahan.

Terhadap kemungkinan hasil akhir dari rekapitulasi penghitungan suara itu, Djidon mengatakan, akan berakhir pada 27 Maret saat pleno rekapitulasi akhir dan penetapan calon terpilih. "Saat itulah bisa diketahui apakah terjadi satu putaran atau dua putaran," katanya.
Editor: omdsmy_novemy_leo
Sumber: Pos Kupang

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas